Ini Bukti Sedekah Tidak Akan Mengurangi Hartamu

Ahmad Haidir, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 11:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 330 2459549 ini-bukti-sedekah-tidak-akan-mengurangi-hartamu-G7L3lo1Vsp.jpeg Ilustrasi sedekah. (Foto: Shutterstock)

PERNAH mendengar nasihat "Sedekah tidak mengurangi harta"? Ini bukan sekadar pemanis atau penyemangat agar setiap Muslim mau membagikan hartanya di jalan Allah Subhanahu wa ta'ala, namun benar-benar ganjaran yang nyata dari-Nya. Demikian diungkapkan Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA.

Bersedekah merupakan amal ibadah yang sangat disukai Allah Subhanahu wa ta'ala. Ada banyak ayat-ayat suci Alquran dan hadis tentang sedekah serta keutamaannya.

Baca juga: Ustadz Firanda Andirja: Kenikmatan Sempurna Hanya Ada di Surga 

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

اِنَّ الْمُصَّدِّقِيْنَ وَالْمُصَّدِّقٰتِ وَاَقْرَضُوا اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا يُّضٰعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ اَجْرٌ كَرِيْمٌ

Artinya: "Sesungguhnya orang-orang yang membenarkan (Allah dan Rasul-Nya) baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipatgandakan (pembayarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (QS Al hadid: 18)

Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA. (Foto: YouTube Yufid TV)

Ustadz Firanda mengungkapkan, hal ini juga dipertegas oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَا نَقَصَتْ صَدَقَةٌ مِنْ مَالٍ وَمَا زَادَ اللَّهُ عَبْدًا بِعَفْوٍ إِلَّا عِزًّا وَمَا تَوَاضَعَ أَحَدٌ لِلَّهِ إِلَّا رَفَعَهُ اللَّهُ

Artinya: "Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya." (HR Muslim Nomor 2588 Syarh Shahih Muslim)

"Bertambahnya harta dari sedekah bermakna dua sisi. Yang pertama adalah Kaif yaitu dari sisi kualitas. Katakan seseorang memiliki harta 100 ribu dan menyedekahkan setengahnya. Mungkin hartanya berkurang dari 100 ribu jadi 50 ribu, tapi Allah berkahi 50 ribu yang disedekahkan tersebut," jelas Ustadz Firanda, dikutip dari kanal YouTube-nya Firanda Andirja, Senin (23/8/2021).

Baca juga: Ustadz Firanda Andirja Ungkap Sholat Menyelesaikan Semua Masalah 

Sisi kedua adalah dari Dzahir yaitu kuantitas, d imana uangnya bisa jadi benar-benar bertambah. Sebanyak 100 ribu kembali atau bertambah lebih banyak di waktu lain. Banyak sekali bukti-bukti yang nyata.

Namun yang perlu diingat, bertambahnya harta dari sedekah tersebut bisa dicapai apabila sedekah yang diniatkan di sisi Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Selain itu perihal cara bersedekah, ada baiknya apabila amalan tersebut bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi, maka lakukanlah hal tersebut.

Hal ini sebagaimana pesan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam terkait 7 orang yang dinaungi Allah Subhanahu wa ta'ala pada hari kiamat kelak, di antaranya adalah orang yang menyembunyikan sedekahnya.

"Sedekah yang dilakukan secara sembunyi-sembunyi diumpamakan dengan seseorang yang tangan kanannya bersedekah namun tangan kirinya ditaruh di belakang hingga tangan kirinya tersebut tidak mengetahui sedekah yang dilakukan oleh si tangan kanan. Hal ini bermakna bahwa jangankan orang lain, bahkan salah satu anggota tubuh saja tidak mengetahui sedekah yang dilakukan," jelas Ustadz Firanda.

Baca juga: Mengenal Mata Air Tasniim, Minuman Penghuni Surga yang Dekat dengan Allah Ta'ala 

Lalu sedekah yang diniatkan untuk fokus mendapat pahala atau ganjaran di akhirat itu lebih baik, namun tidak mengapa apabila seseorang berharap agar sedekah yang ia lakukan akan diberi gantinya oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Adapun terkait bertambahnya harta tersebut, diniatkan atau tidak diniatkan untuk bertambahnya harta di dunia, namun pasti Allah akan kasih tambahan, cepat atau lambat," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya