Orang Beriman Itu Tenang, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Sri Lestari Rahayuningtyas, Jurnalis · Senin 23 Agustus 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 23 330 2459554 orang-beriman-itu-tenang-begini-penjelasan-ustadz-adi-hidayat-7yDNOzR7zE.jpg Ustadz Adi Hidayat (UAH). (Foto: YouTube Adi Hidayat Official)

ORANG yang meyakini pendirian dengan beriman akan mendapatkan ketenangan. Hal itu dengan praktis didapatkan melalui sholat secara gratis dan cuma-cuma. Demikian dijelaskan Ustadz Adi Hidayat (UAH).

Iman sendiri berdasarkan kata di dalam ayat suci Alquran, mengandung makna awal Amnu yang berarti 'tenang'. Sebab, orang beriman juga akan mendapatkan kedamaian dan tenang dalam segala situasi.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Beri Tahu 3 Cara Pembuktian Iman Manusia 

Begitupun penjelasan Ustadz Adi Hidayat soal keimanan seseorang yang akan memberikan ketenangan. Dalam hadis riwayat Ahmad dijelaskan:

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ لَخَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَالِكَ لَأَحَدٍ إَلَّا لِلْمُؤْمِنِ، إَنْأَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ، فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Artinya: "Sungguh menakjubkan perkara yang dilakukan oleh orang mukmin, semua yang dilakukannya baik, dan tidak yang seperti itu kecuali orang mukmin. Apabila mendapatkan kebahagian ia bersyukur dan bersyukur itu baik baginya. Dan apabila ia tertimba kesengsaraan ia sabar, dan sabar baginya adalah baik." (HR Ahmad)

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Jelaskan 5 Tingkatan Dosa dan Ampunan dari Allah Ta'ala 

Dengan begitu, makin jelas pernyataan dalam hadis mengenai keimanan sangat menunjukkan ciri orang mukmin dan beriman. Alhasil dalam segala kondisi, orang beriman mampu memperoleh ketenangan serta cenderung bersifat bijak.

"Ketika suka dia bersyukur, ketika duka ia bersabar, dan itu yang punya Alhamdulillah cuma Islam," kata Ustadz Adi Hidayat, dikutip dari kanal YouTube-nya Adi Hidayat Official, Senin (20/8/2021).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dengan begitu, UAH juga menuturkan jika orang yang beriman akan memperoleh "Ulaa ika alaikalahum amnu". Artinya, mereka (orang beriman) dengan mendirikan sholat akan diberikan ketenangan dan kedamaian dalam jiwanya.

Baca juga: Kisah Ustadz Adi Hidayat Ajarkan Pancasila ke Penjual Bendera 

"Sholat itu mengingat Allah dan zikir itu fungsinya menenangkan hati," tutur ulama kelahiran Pandeglang, Banten, tersebut.

"Orang tenang akan menjadikan pribadi bijak dan terarah dalam bertutur serta pola bertindak," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya