Kisah Nabi Daud, Sosok Cerdas dan Perkasa Pemilik Kerajaan Terkuat di Dunia

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 26 Agustus 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 26 614 2461614 kisah-nabi-daud-sosok-cerdas-dan-perkasa-pemilik-kerajaan-terkuat-di-dunia-5D0cWJmlEL.jpg Ilustrasi kisah Nabi Daud Alaihissallam. (Foto: Shutterstock)

DALAM ajaran agama Islam dikenal 25 nabi dan rasul Allah Subhanahu wa ta'ala yang wajib diketahui dan diimani oleh setiap Muslim. Salah satunya adalah Nabi Daud Alaihissallam.

Nabi Daud Alaihissallam merupakan utusan Allah Azza wa jalla bagi kaum Bani Israil. Nabi Daud adalah keturunan ke-12 dari Nabi Ibrahim Alaihissallam dan merupakan sosok ayah dari Nabi Sulaiman Alaihissallam, salah satu dari 25 nabi dan rasul utama.

Baca juga: Kisah Kesabaran Nabi Ayub: Kehilangan Harta, Anak, hingga Menderita Penyakit Kulit 

Dikutip dari kanal YouTube Firanda Andirja, Kamis (26/8/2021), dikisahkan bahwa Nabi Daud Alaihissallam adalah sosok yang pemberani, cerdas, dan tangguh sedari kecil. Masa kanak-kanaknya dihabiskan dengan menjadi seorang penggembala.

Selama itu, konon Nabi Daud Alaihissallam telah berulang kali bertarung, bahkan membunuh hewan-hewan buas seperti singa hingga serigala yang mengancam hewan ternaknya.

Ilustrasi kisah Nabi Daud Alaihissallam. (Foto: Freepik)

Keberanian sosok pemuda penggembala tersebut sampailah kepada penguasa saat itu yakni Raja Thalut. Terlebih pada masa itu, negeri yang dihuni oleh Nabi Daud Alaihissallam sedang dilanda peperangan dengan pasukan dari negeri seberang yang dipimpin oleh Raja Jalut, seorang penguasa bengis yang sangat tangguh didukung oleh pasukan kuat dan berlimpah.

Dikarenakan tidak punya pilihan, akhirnya Raja Thalut mengajak Nabi Daud Alaihissallam untuk ikut berperang. Nabi Daud yang masih berusia belasan tahun memutuskan ikut berperang tanpa dibekali senjata besi. Ia hanya menggunakan ketapel. Namun atas izin Allah Subhanahu wa ta'ala, Nabi Daud Alaihissallam berhasil membunuh musuh-musuh.

Baca juga: Kisah Perang Thaif, Bukti Kesabaran Rasulullah Mendakwahkan Islam 

"Kisah tersebut juga dikenal luas oleh penduduk Bumi saat ini, juga pemeluk agama kristiani sebagai 'David vs Goliath'," jelas Ustadz Dr Firanda Andirja Lc MA.

Selepas kemenangan luar biasa tersebut, Nabi Daud Alaihissallam kemudian menjadi pasukan tentara kepercayaan Raja Thalut. Ia selalu diajak dalam setiap peperangan dan selalu memenangkannya. Hingga suatu hari Raja Thalut tewas dalam peperangan sehingga posisinya digantikan oleh Nabi Daud Alaihissallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perjalanan hidup Nabi Daud Alaihissallam tersebut juga diabadikan dalam kitab suci Alquran Surah Al Baqarah Ayat 251. Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

Sفَهَزَمُوْهُمْ بِاِذْنِ اللّٰهِ ۗوَقَتَلَ دَاوٗدُ جَالُوْتَ وَاٰتٰىهُ اللّٰهُ الْمُلْكَ وَالْحِكْمَةَ وَعَلَّمَهٗ مِمَّا يَشَاۤءُ ۗ وَلَوْلَا دَفْعُ اللّٰهِ النَّاسَ بَعْضَهُمْ بِبَعْضٍ لَّفَسَدَتِ الْاَرْضُ وَلٰكِنَّ اللّٰهَ ذُوْ فَضْلٍ عَلَى الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: "Maka mereka mengalahkannya dengan izin Allah, dan Daud membunuh Jalut. Kemudian Allah memberinya (Daud) kerajaan, dan hikmah, dan mengajarinya apa yang Dia kehendaki. Dan kalau Allah tidak melindungi sebagian manusia dengan sebagian yang lain, niscaya rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dilimpahkan-Nya) atas seluruh alam." (QS Al Baqarah: 251)

Baca juga: Kisah Kesabaran Nabi Dzulkifli Saat Digoda Setan Berwujud Orang Tua Tanpa Sanak Saudara 

Semenjak itu, Nabi Daud Alaihissallam pun diangkat menjadi raja sekaligus dinobatkan kenabiannya oleh Allah Azza wa jalla. Nabi Daud adalah sosok raja yang cerdas dan juga perkasa. Dalam beberapa riwayat disebutkan bahwa kerajaan Nabi Daud merupakan yang paling kuat di dunia dengan dijaga oleh lebih dari 40 ribu pasukan.

"Salah satu bukti keperkasaan dan kekuatannya adalah Nabi Daud Alaihissallam memiliki kemampuan untuk meleburkan besi. Ia juga mampu membuat hewan ikut bertasbih kepadanya. Hal ini merupakan mukjizat yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala kepadanya yang juga diabadikan sebagai firman-Nya dalam Alquran," terang Ustadz Firanda.

Dalam Surah Saba Ayat 10–11 Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَلَقَدْ آتَيْنَا دَاوُدَ مِنَّا فَضْلا يَا جِبَالُ أَوِّبِي مَعَهُ وَالطَّيْرَ وَأَلَنَّا لَهُ الْحَدِيدَ (10)

أَنِ اعْمَلْ سَابِغَاتٍ وَقَدِّرْ فِي السَّرْدِ وَاعْمَلُوا صَالِحًا إِنِّي بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيرٌ (11)

Artinya: "Dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud karunia dari Kami. (Kami berfirman), 'Hai gunung-gunung dan burung¬-burung, bertasbihlah berulang-ulang bersama Daud,' dan Kami telah melunakkan besi untuknya, (yaitu) buatlah baju besi yang besar-besar dan ukurlah anyamannya; dan kerjakanlah amalan yang salih. Sesungguhnya Aku melihat apa yang kamu kerjakan." (QS Saba: 10–11)

Baca juga: Ada Nabi Bisa Berbicara dengan Matahari, Begini Kisahnya 

Bersamaan dengan itu, Allah Subhanahu wa ta'ala juga mengutusnya untuk menjadi seorang rasul dengan mengamanahinya kitab suci Zabur, salah satu dari empat kitab yang diturunkan oleh-Nya untuk disampaikan kepada Bani Israil.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya