Jemput Jodoh Syari di Bantul Sudah 200 Pasangan Menikah

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 14 September 2021 09:07 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 14 614 2470915 jemput-jodoh-syari-di-bantul-sudah-200-pasangan-menikah-YeFopi7g0r.jpg Program Jemput Jodoh Syari di Bantul, Yogyakarta. (Foto: Freepik)

JEMPUT jodoh syari begitulah nama inovasi program yang dibuat Arif Yulianto selaku Penyuluh Agama Islam KUA Bambanglipuro, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta. Program ini sudah diikuti sekitar 1.000 orang sejak digulirkan pada 2019 lalu.

Program ini dibuat Arif karena melihat banyak warga terutama pemuda dan pemudi yang mencari jodoh dengan cara yang tidak tepat hingga terjerumus ke dalam pergaulan bebas.

Baca Juga: Doa Setelah Hujan Berhenti: Muthirna Bi Fadhlillahi Wa Rohmatih

"Fenomena pergaulan bebas masih menjamur. Selain itu, banyak pula pria atau wanita dewasa yang belum menikah karena berbagai alasan," kata Arif  melansir laman Bimas Islam, Selasa (14/9/2021).

Jemput Jodoh Syar'i ini bergerak di bawah naungan KUA Bambanglipuro bekerja sama dengan Yayasan Alas Dakwah yang dipimpin Arif. Peserta yang mendaftar kemudian mendapatkan bimbingan intensif setiap pekan.

"Kalau Bimwin biasanya untuk pasangan yang akan menikah. Kalau ini belum akan menikah. Jadi kita berikan edukasi terkait pernikahan dan rumah tangga secara lebih lama," tambahnya.

Baca Juga: Doa Hujan Deras, Rasulullah SAW Memohon Kepada Allah Agar Tidak Terjadi Kerusakan

Sebelum pandemi Covid-19, program ini dijalankan dalam bentuk tatap muka setiap hari Ahad. Arif menuturkan, banyak alumni program ini yang kemudian benar-benar berjodoh.

"Ada 200-an pasangan yang akhirnya menikah. Jadi awalnya diedukasi, bagi yang serius kita fasilitasi ta'aruf (perkenalan) lebih mendalam ke calon pasangan dan keluarganya," tambahnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Meski dijalankan dari sudut Kabupaten Bantul, program ini berhasil menjangkau banyak peserta dari berbagai penjuru Indonesia.

"Diumumkan di media sosial sehingga pesertanya lintas provinsi.  Ayo jemput jodoh dengan syar'i. Bersama jauhi zina," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya