Pandemi Covid-19 Melandai, Dispenser Air Zamzam Kembali Tersedia di Masjid Nabawi

Ravie Wardani, Jurnalis · Jum'at 17 September 2021 13:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 17 614 2472844 pandemi-covid-19-melandai-dispenser-air-zamzam-kembali-tersedia-di-masjid-nabawi-9fzrTtq2k0.jpg Dispenser air zamzam kembali tersedia di Masjid Nabawi. (Foto: SPA/Saudigazette)

DISPENSER air zamzam kembali tersedia untuk jamaah Masjid Nabawi. Ini setelah lebih dari 1,5 tahun wadah tersebut tidak disediakan dampak melonjaknya kasus covid-19. Air suci itu kerap menjadi pelepas dahaga jamaah dan pengunjung setelah menjalani rutinitas ibadah di Tanah Suci.

Dikutip dari laman Saudigazette, Jumat (17/9/2021), Badan Pengurus Masjid Nabawi di bawah Kepresidenan Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci telah mengembalikan dispenser air zamzam di posisi awal guna melayani jamaah dan pengunjung. Pengamblian air zamzam kali ini bakal menerapkan protokol kesehatan ketat untuk menghindari paparan virus corona.

Baca juga: Menyesal Pernah Ikut Hancurkan Masjid, Pria Ini Masuk Islam dan Bangun 100 Masjid 

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi memutuskan menghentikan sementara memberikan air zamzam untuk jamaah lantaran naiknya kasus covid-19 sejak awal 2020 lalu. Biasanya air suci tersebut dikemas dalam botol tertutup, steril, dan sekali pakai.

Jamaah bisa menemui air zamzam di beberpa titik, seperti di Mataf (area melingkar di sekitar Kakbah), Mas'a (area lari antara Bukit Safa dan Marwah), serta di berbagai lokasi di dalam Masjidil Haram di Kota Makkah dan Masjid Nabawi di Kota Madinah.

Baca juga: Ini Waktu Paling Mustajab Berdoa di Hari Jumat, Jangan Dilewatkan Ya 

Pejabat setempat Abdul Rahman al Zahrani mengatakan menjaga kualitas dan keamanan air zamzam merupakan hal penting. Ia juga menyarankan untuk membentuk dispenser khusus yang dilengkapi perangkat dan instrumen teknologi terbaru.

Kabar terbaru, pemerintah setempat sedang melakukan tes yang diperlukan. Tidak hanya itu, tim yang bertugas juga mencuci, mensterilkan tangki, wadah, dan keran untuk mencapai standar kualitas tertinggi.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Zahrani juga menjelaskan jumlah sampel yang dikumpulkan pada tahun 1442 Hijriah mencapai lebih dari 7.380 sampel yang diambil dari titik pengisian, tempat minum, tangki luar, wadah silinder, troli, dan botol air zamzam.

Selain dari wadah portabel air zamzam di dalam Masjidil Haram dan alun-alunnya, sampel tersebut diambil dari sumur zamzam, stasiun pendingin, tangki air, dan titik pengisian.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Pondok Pesantren, Jokowi: Untuk Melindungi Santri dari Covid-19 

Metode dan perangkat sterilisasi yang sangat canggih digunakan untuk menyaring air zamzam. Saking canggihnya, di sistem sterilisasi menggunakan sinar ultraviolet untuk membunuh bakteri dan virus.

Al Zahrani menekankan bahwa tes tersebut guna memastikan keamanan jaringan air zamzam dan membuatnya bebas dari mikroba serta polutan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya