Aa Gym Bagikan Doa agar Allah Karuniakan Pendamping Hidup, Segera Dibaca

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 14 Oktober 2021 04:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 13 618 2485925 aa-gym-bagikan-doa-agar-allah-karuniakan-pendamping-hidup-segera-dibaca-tObahhzU93.jpg Aa Gym membagikan doa segera diberi pendamping hidup oleh Allah Ta'ala. (Foto: Instagram)

KIAI Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym mengatakan sudah menjadi sifat dasar bahwa setiap manusia menginginkan segala hal terkait urusannya menjadi lebih mudah, termasuk mengenai pendamping hidup. Melalui tausiyah di kanal YouTube-nya, ia pun membagikan doa untuk para Muslim yang ingin segera dikaruniakan pendamping hidup oleh Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Kepada yang belum punya pendaming, belum punya keturunan, yang ingin pendamping pada anak-anaknya menjadi penyejuk mata dan penenteram jiwa, yang rindu memiliki akhlak yang baik, kekuatan iman, merindukan kepemimpinan dalam agama, ini adalah doanya. Dan banyak lainnnya yang pasti banyak hikmahnya, Surah Al Furqon Ayat 74," ungkap Aa Gym, dikutip dari kanal YouTube Aa Gym Official, Kamis (14/10/2021).

Baca juga: 5 Adab Memuliakan Orangtua Menurut Aa Gym, Salah Satunya Dahulukan Ucap Salam 

Ilustrasi cincin pernikahan pendamping hidup. (Foto: Unsplash)

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman:

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Wallazina yaquluna rabbana hablana min azwajina wa zurriyyatina qurrata a'yuniw waj'alna lil-muttaqina imama

Artinya: "Dan orang-orang yang berkata, 'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS Al Furqon: 74)

Baca juga: 5 Kiat Menjemput Rezeki yang Berkah Menurut Aa Gym 

Aa Gym pun menjelaskan lebih lanjut mengenai tafsir surah tersebut. Tidak hanya untuk pasangan, surah tersebut dapat digunakan untuk para sahabat dan kerabat terdekat.

"Doanya ini ya, Rabbana, wahai Tuhan kami. Hablana, karuniakanlah anugerahkanlah kepada kami. Min azwajina, di sini istri-istri kami tapi kalau tafsir menyatakan pendaming karena kalau doa ini dibacakan oleh bapak-bapak ya istri-istri kami, tapi kalau dibaca ibu-ibu bukan suami-suami kami ya, tapi pendamping kami. Ada juga yang menyampaikan dalam penafsir ini, ada tujuh tafsir ya, ada yang juga meyampaikan selain pendamping hidup juga sahabat-sahabat, kerabat-kerabat yang dekat, dengan kami," jelas Aa Gym.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Surah ini memiliki makna agar dikaruniai pendamping atau teman hidup yang dapat menentramkan hati, damai, serta berakhlak baik. Dengan begitu, siapa pun di sekeliling kita, mereka bisa menjadi penenang jiwa dan hati.

"Dan karuniakanlah kepada kami Qurrota, tadi pendamping hidup dan keturunan kami, Qurrota Ayun, penyejuk mata. Ini diartikan menenteramkan hati, damai, anak yang sholeh. Berharap pendamping hidup bisa menentramkan hati, damai hati, kemudian berakhlak baik sehingga menenangkan jiwa kami. Waj'alna lil muttaqina imama, dan jadikanlah kami imam bagi orang yang bertakwa," kata Aa Gym.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 4 Adab Becermin yang Bisa Jadi Ladang Pahala 

Ia menegaskan kepada para Muslim untuk selalu yakin bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala sudah menentukan siapa pun jodoh hamba-Nya kelak. Diceritakan bahwa daun jatuh pun sudah tercatat di Lauhul Mahfudz, maka tidak mungkin jika pendamping hidup kita tidak dituliskan di sana. Allah Ta'ala akan menanamkan cinta di hati siapa pun yang Allah Ta'ala kehendaki.

"Jadi harus yakin bahwa yang menentukan jodoh adalah Allah. Kalau daun saja ada catatannya di Lauhul Mahfudz, bagaimana mungkin jodoh tidak ada catatannya. Semua laki-laki dan perempuan adalah ciptaan Allah, milik Allah. Dibolak-balik hatinya oleh Allah. Allah yang menanamkan cinta di hati siapa pun yang Allah kehendaki. Jadi, Allah yang mengetahui siapa yang menjadi jodoh terbaik," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Aa Gym Ungkap 7 Adab Mencari Ilmu Supaya Lebih Diberkahi Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya