5 Lokasi Religi di Makkah yang Wajib Dikunjungi Selain Masjidil Haram

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 01 November 2021 08:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 01 615 2494676 5-lokasi-religi-di-makkah-yang-wajib-dikunjungi-selain-masjidil-haram-S1Ybn0GdQI.jpg Masjidil Haram salah satu lokasi religi di Kota Makkah, Arab Saudi. (Foto: Shutterstock)

MAKKAH adalah kota suci bagi umat Islam. Di sana terdapat bangunan kiblat sholat kaum Muslimin, yakni Kakbah. Kakbah terletak di kompleks Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi. Tapi siapa sangka, ternyata ada banyak lokasi religi di Makkah yang wajib dikunjungi selain Masjidil Haram.

Tercatat cukup banyak destinasi menarik yang bisa dijadikan sebagai tujuan wisata religi untuk memperpanjang kunjungan di salah satu negara Timur Tengah ini. Sebagaimana telah MNC Portal rangkum, Senin (1/11/2021), berikut sederet lokasi religi di Makkah yang wajib kaum Muslimin kunjungi ketika menunaikan ibadah haji atau umrah.

Baca juga: Sholat Berjamaah di Masjidil Haram Kini Bisa Rapat Lagi 

1. Menara Abraj Al-Bait

Menara yang menjulang tinggi ini merupakan merupakan tempat wisata di Makkah yang terdapat di Kompleks Abraj Al Bait. Menara ini berlokasi dekat dengan Masjidil Haram yang memiliki tinggi 601 meter dengan 120 lantai.

Dengan tinggi menjulang, kaum Muslimin akan disuguhkan keindahan Kota Mekkah yang luar biasa. Menara Abraj Al Bait juga dikenal sebagai menara jam yang memungkinkan kaum Muslimin belajar mengenai metode menentukan waktu dan alam semesta seperti galaksi, matahari, bulan, serta bumi.

Menara Abraj Al-Bait

2. Kawah Al Wahbah

Lokasi religi di Makkah ini terletak di gurun yang berukuran hampir 1 mil dengan tebing setinggi 850 kaki. Kawah ini terbentuk dari sisa vulkanik dan di sekitarnya terdapat dataran berpasir yang kini ditumbuhi pohon palem.

Adanya pohon palem ini memberikan keteduhan bagi pengunjung yang datang ke tempat ini. Mitos atau cerita rakyat yang berkembang menyebutkan Kawah Al Wahbah terbentuk ketika dua gunung saling mencintai.

Baca juga: 5 Orang Beruntung yang Pernah Sholat di Dalam Kakbah 

3. Al Kiswa Factory

Tempat ini merupakan pabrik dari kiswa yang merupakan kain penutup Kakbah dengan hiasan kaligrafi sangat indah. Kaligrafi dibuat secara manual dengan melakukan penyulaman memakai banyak benang. Hasilnya, karya seni kiswah yang menarik bisa dilahirkan.

Ketika berkunjung ke Al Kiswa Factory, kaum Muslimin bisa menambah kreativitas dengan memerhatikan bagaimana proses pembuatan kiswa. Selain itu, bisa juga membelinya sesuai bujet.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Fakieh Aquarium

Fakieh Aquarium merupakan satu-satunya tempat wisata akuarium untuk umum di Arab Saudi. Objek wisata di Kota Makkah ini cocok sekali bagi jamaah umrah yang membawa anak-anaknya untuk berlibur.

Selain sebagai destinasi hiburan, Fakieh Aquarium memberikan edukasi mengenai kehidupan bawah laut. Para pengunjung juga memungkinkan untuk menikmati pertunjukan Dolphin dan Seal Lion setiap hari mulai pukul 10.00 hingga 23.00.

Baca juga: 7 Pemimpin Negara yang Pernah Masuk Kakbah, 3 di Antaranya dari Indonesia 

Jabal Tsur

5. Jabal Tsur

Jabal Tsur adalah bukit yang memiliki gua bersejarah di dalamnya. Bukit yang terletak di Al Hijrah, Makkah ini memiliki pemandangan indah dan sangat layak diabadikan. Wisatawan bisa berfoto di beberapa tempat sampai puas.

Selain memiliki pemandangan yang indah, Jabal Tsur juga saksi kejadian hebat di masa lalu. Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam dan Abu Bakar Radhiyallahu anhu pernah bersembunyi di salah satu gua di sini karena dikejar oleh kaum kafir yang ingin membunuhnya.

Baca juga: 7 Benda di Dalam Kakbah yang Tidak Banyak Diketahui 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya