Share

Tokoh Muslim Dunia: Al Kindi sang Ilmuwan dan Filsuf Pertama dari Arab

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 03 November 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 03 614 2495889 tokoh-muslim-dunia-al-kindi-sang-ilmuwan-dan-filsuf-pertama-dari-arab-LtiR9lO4ex.jpg Tokoh Muslim dunia Al Kindi. (Foto: Shutterstock)

TOKOH Muslim dunia kali ini membahas sosok Abu Yusuf Ya'kub bin Ishak Al Kindi. Banyak yang belum tahu akan sosok Al Kindi, padahal ia adalah salah seorang ilmuwan besar Muslim sekaligus orang pertama yang menjembatani ilmuwan Arab dan ilmuwan Yunani, khususnya dalam bidang filsafat. Penasaran siapakah sosok Al Kindi ini? Yuk, simak selengkapnya.

Dikutip dari YouTube Askamza Channel, Rabu (3/11/2021), Abu Yusuf Ya'kub bin Ishak Al Kindi kerap dikenal sebagai Al Kindus oleh orang-orang Barat. Ia berasal dari Arab Selatan dan lahir sekira tahun 809 Masehi di Kufah. Ia terlahir dari keluarga kaya dan terhormat.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Jabir bin Hayyan sang Bapak Kimia Modern 

Sejak kecil ia akrab dengan suasana pendidikan. Pendidikannya dimulai dari belajar membaca, menulis, berhitung, hingga menghafal ayat-ayat suci Alquran. Memasuki masa remaja, Al Kindi belajar bahasa dan sastra Arab, fikih, serta ilmu alam.

Setelah dewasa, dia pindah ke Basrah yakni wilayah Irak untuk menuntut ilmu. Kala itu Basrah menjadi pusat ilmu pengetahuan. Al Kindi begitu fokus mempelajari ilmu Kimia dan berbagai ilmu lainnya.

Tokoh Muslim dunia Al Kindi. (Foto: Shutterstock)

Selesai belajar di Basrah, dia melanjutkan kuliahnya di Baghdad. Dalam sejarah hidupnya, selain terkenal menjadi filsuf, Al Kindi juga tersohor sebagai kimiawan, matematikawan, astronom, dokter, geografi, bahkan ahli musik. Dalam karya-karyanya, ia banyak menyoroti masalah logika dan matematika. Ia juga menulis ulasan-ulasan atas buku Aristoteles.

Al Kindi adalah filsuf pertama Arab yang memelopori penerjemahan sekaligus mengenalkan tulisan atau karya-karya filsuf Yunani ke dalam dunia Islam, terutama pada abad pertengahan di masa pemerintahan Khalifah Al Makmun.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Idrisi Ahli Geografi Pembuat Peta Dunia Pertama 

Dia juga dipandang sebagai filsuf pertama Arab, tidak hanya karena sebagai pencinta pertama kearifan, tetapi juga karena metode, sikap, serta penjagaanya pada bidang-bidang penyelidikan yang baru.

Kontribusi terbesar yang diberikan Al Kindi adalah terbukanya pintu-pintu filsafat bagi para ilmuwan Muslim. Pasalnya, umat Islam pada zaman dahulu sangat menentang mempelajari ilmu filsafat lantaran khawatir menyebabkan berkurangnya rasa hormat kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Namun, Al Kindi coba membangun nilai filsafat dan mendesak mereka untuk bertoleransi dengan gagasan-gagasan dari luar Islam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Kindi berhasil menjembatani kesenjangan antara pendekatan-pendekatan intelektual setengah hati dengan sipil filsafat yang keras dari rekan-rekan Muslim sezamannya. Pendekatan dan sikap inilah yang memberinya gelar filsuf.

Pandangan Al Kindi tentang filsafat berbeda dengan filsuf-filsuf Yunani, salah satunya tentang masalah penciptaan yang selalu berkaitan dengan Tuhan. Namun, Al Kindi berhasil melakukan konfrontasi teori 'Ex nihilo nihil fit' yang dikemukakan oleh Aristoteles dengan teori 'Creatio ex nihilo'. Masalah penciptaan ini ia garap dalam dua buah karyanya yang berjudul 'Filsafat Pertama' serta 'Tentang Keesaan Tuhan dan Keterbatasan Alam Semesta'.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Al Farabi sang Guru Kedua Filsafat Sekaligus Ilmuwan Teknologi 

Filsafat Al Kindi tidak hanya terhenti pada tahap filsafat teoritis, akan tetapi juga membahas tentang hakikat jiwa dan sifatnya, politik umum, serta penciptaan teori etika. Pengetahuannya yang luas dan beraneka ragam itu pada akhirnya hanya dapat terlihat dengan sejumlah karya tulisannya.

Menurut catatan biografi Al Kindi dalam Kitab Al Muntakhab, jelas terlihat bahwa ia merupakan orang pertama yang menjadi termasyhur di antara Muslim di bidang filsafat. Terjemahan-terjemahannya serta koreksi-koreksinya terhadap karya aslinya sendiri menjadikannya sebagai penggerak ilmu pengetahuan untuk melangkah seperti sekarang ini.

Baca juga: Tokoh Muslim Dunia: Fatima Al Fihri sang Pendiri Universitas Tertua di Dunia 

Al Kindi adalah orang yang mengenalkan metafisika, psikologi, etika, serta pendekatan yang didasarkan atas metode-metode logika dan ilmiah pada Muslim Arab. Para ilmuwan Arab menganggapnya sebagai pendiri filsafat Muslim Arab, filsuf sempurna, dan pemikir yang bijak. Karya-karyanya yang luar biasa menempatkannya pada posisi tertinggi di bidang ilmu pengetahuan.

Menurut Al Kindi, agama dan filsafat tidak mungkin bertentangan. Agama di samping sebagai wahyu, juga disampaikan menggunakan akal, demikian pula dengan filsafat. Bagi Al Kindi, filsafat adalah ilmu dari segala ilmu dan kearifan dari segala kearifan. Filsafat dalam pemahamannya bertujuan untuk memperkuat agama dan merupakan bagian dari agama Islam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini