Hari Guru Nasional 2021, Menag: Guru Mencerdaskan Bangsa dan Mengisi Kemerdekaan

Tim Okezone, Jurnalis · Kamis 25 November 2021 09:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 25 614 2507085 hari-guru-nasional-2021-menag-guru-mencerdaskan-bangsa-dan-mengisi-kemerdekaan-KVnE5nsvy6.jpg Menag Yaqut Cholil Qoumas turut memberikan selamat Hari Guru Nasional 2021. (Foto: Dok Kemenag.go.id)

MENTERI Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas turut memperingati Hari Guru Nasional 2021 yang diperingati setiap tanggal 25 November. Tahun ini Hari Guru Nasional (HGN) mengusung tema "Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri".

Menag mengungkapkan bahwa Hari Guru Nasional merupakan bentuk pengakuan negara atas besarnya peran dan kiprah guru dalam mencerdaskan generasi bangsa dan mengisi kemerdekaan.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021, Google Doodle Rayakan dengan Kartun Lebah Lucu 

Oleh karena itu, Kementerian Agama terus meningkatkan kepedulian serta perhatian terhadap guru yang merupakan pendidik anak-anak negeri. Salah satunya melalui program afirmasi bagi guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

"Kemenag terus peduli terhadap para guru demi pendidikan dan masa depan anak negeri. Kemenag antara lain fokus pada program afirmasi untuk guru madrasah dan pendidikan agama. Kemenag terus berupaya meningkatkan kesejahteraan dan kompetensi guru," jelas Gus Men –sapaan akrab Menag Yaqut– di sela kunjungan kerja di Madinah, Arab Saudi, Kamis (25/11/2021).

Menag Yaqut Cholil Qoumas dan guru madrasah Ibu Neneh Hasanah. (Foto: Kemenag.go.id)

"HGN selalu memberi pesan tentang besarnya jasa para guru. Untuk itu, tugas Kemenag adalah mengawal pelaksanaan program-program afirmasi bagi peningkatan kesejahteraan dan kompetensi mereka," paparnya, seperti dikutip dari laman resmi Kemenag.

Baca juga: Kisah Haru Ibu Neneh Hasanah, 68 Tahun Tak Kenal Lelah Mengajar di Madrasah 

Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Muhammad Ali Ramdhani menerangkan tema "Guru Peduli Cerdaskan Anak Negeri" sengaja dipilih karena pada proses pemulihan pembelajaran, dibutuhkan guru yang profesional sekaligus peduli.

"Guru peduli memiliki empati dan simpati kepada siswanya, karena tugas guru adalah mentransformasikan ilmu pengetahuan dan sekaligus membentuk karakter baik siswanya," ujarnya, "Peserta didik juga harus memiliki kesadaran untuk terus meningkatkan rasa ingin tahu (curiosity)."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain menyampaikan bahwa peringatan HGN 2021 disemarakkan dengan serangkaian kegiatan pendukung. Direktorat GTK telah menyiapkan serangkaian kegiatan, antara lain:

1. Anugerah Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi, 5 Oktober–21 November 2021.

Baca juga: Sholat di Raudhah, Menag Berdoa Jamaah Dunia Bisa Kembali ke Tanah Suci 

2. Lomba Video Moderasi Beragama, 11 Oktober–22 November 2021.

3. Anugerah Konstitusi, 14 Oktober–25 November 2021.

4. International Symposium On Education (ISOE), 23–26 November 2021.

5. Upacara Bendera Hari Guru Nasional, 25 November 2021.

6. GTK Madrasah Expo, 30 November–1 Desember 2021.

Baca juga: Kunker di Saudi, Menag Sempatkan Ziarah ke Makam Mbah Moen dan Syekh Nawawi Al-Bantani 

7. Talkshow bersama Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI, 30 November 2021.

8. Malam Puncak Peringatan HGN 2021, 30 November 2021.

Puncak peringatan Hari Guru Nasional 2021 akan digelar secara hybrid, luring dan daring, dilanjutkan pengumuman dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya