Share

Ustadz Adi Hidayat Ungkap Nama Asli Kapitan Pattimura, Bukan Thomas Matulessy

Hasyim Ashari, Jurnalis · Jum'at 26 November 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 26 614 2508015 ustadz-adi-hidayat-ungkap-nama-asli-kapitan-pattimura-bukan-thomas-matulessy-Bd0JkhCBFF.jpg Ustadz Adi Hidayat mengungkap nama asli Kapitan Pattimura. (Foto: YouTube Kajian Islam Podcast)

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengungkap nama asli Kapitan Pattimura sang pejuang Islam di Tanah Air. Ia selama ini dikenal memiliki nama asli Thomas Matulessy. Dia merupakan sosok pahlawan nasional yang lahir di Maluku pada tanggal 8 Juni 1783.

Selain itu, Kapitan Pattimura juga salah satu pahlawan yang gigih membela rakyat Maluku atas kekejaman penjajahan Belanda. Namun rupanya nama asli Kapitan Pattimura itu bukanlah Thomas Matulessy, melainkan Ahmad Lussy. Kebenaran tersebut diungkapkan oleh Ustadz Adi Hidayat Lc MA dalam ceramahnya.

Baca juga: Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat 

Kapitan Pattimura. (Foto: Istimewa)

Dikutip dari kanal YouTube Kajian Islam Podcast, Jumat (26/11/2021), UAH menjabarkan tentang nama asli sebenarnya dari Kapitan Pattimura yaitu Ahmad Lussy.

Selain dikenal sebagai pahlawan, menurut keterangan Ustadz Adi Hidayat, Kapitan Pattimura juga seorang kiai dari pondok pesantren serta pejuang Islam yang sangat luar biasa.

Baca juga: 4 Mukjizat Nabi Ibrahim, Salah Satunya Pasir Berubah Jadi Makanan 

"Nama aslinya bukan Thomas, tetapi Ahmad Lussy; dan beliau salah satu kiai di salah satu pesantren, pejuang luar biasa," kata Ustadz Adi Hidayat.

"Dulu kalau memimpin sesuatu itu disebut kapitan sampai ke Amerika. Pattimura nama asalnya Ahmad Lussy, entah kenapa namanya tiba-tiba berubah jadi Thomas Matulessy. Ada yang salah di situ," lanjutnya. 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa nama Ahmad Lussy diganti menjadi nama seperti orang-orang bangsa Barat. Menurut dia, hal tersebut dilakukan agar generasi berikutnya tidak ingat bahwa ada sosok pahlawan yang dekat dengan ajaran Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Hujan Lebat Disertai Petir, Baca Doa Ini agar Selalu Dilindungi Allah Ta'ala 

"Saya mau katakan bahwa nama Thomas orang tidak ingat bahwa orang ini (Pattimura) dekat dengan Allah Subhanahu wa ta'ala. Orang ini berasal dari pesantren, makanya dibuang nama-nama itu persis seperti orang-orang Barat," ungkapnya.

"Diganti nama-namanya agar generasi berikutnya tidak ingat bahwa ada orang-orang ketika mewujudkan kemerdekaan mereka malamnya tahajud, siangnya puasa, malamnya bergerilya, dan sebagainya," pungkas Ustadz Adi Hidayat.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral Gadis SMP Lamar Pemuda dengan Mahar Rp500 Juta, Bagaimana Hukumnya Menurut Islam? 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini