Share

Viral Ustadz Abdul Somad Bisa Jawab Pertanyaan Sulit Pejabat Malaysia, Netizen: Sangat Cerdas

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Senin 29 November 2021 16:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 29 614 2509113 viral-ustadz-abdul-somad-bisa-jawab-pertanyaan-sulit-pejabat-malaysia-netizen-sangat-cerdas-Xh8qUn82Es.jpeg Viral Ustadz Abdul Somad mampu menjawab dengan jelas pertanyaan sulit pejabat Malaysia. (Foto: Dok Okezone)

USTADZ Abdul Somad dikenal sebagai salah satu ulama terkemuka di Indonesia. Tapi ternyata dakwahnya juga digemari hingga negara tetangga yaitu Malaysia.

Dalam satu ceramahnya yang viral, Ustadz Abdul Somad memberi jawaban beberapa pertanyaan yang diajukan oleh jamaah Malaysia. Salah satunya bahkan diajukan oleh pejabat setempat.

Pertanyaan diajukan itu mengenai keislaman sebelum zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam: Apakah berbeda di setiap nabinya? UAS pun memberi jawaban yang sangat cerdas.

Baca juga: Ustadz Abdul Somad: Ameer Azzikra Sudah Lepas dari Huru-hara Dunia yang Penuh Fitnah 

Ustadz Abdul Somad. (Foto: Instagram @ustadzabdulsomad_official)

"Ya Allah aku memohon kepada Engkau berkat Muhammad ampunkan dosaku, Adam menyebut Muhammad," ujar UAS ketika menjelaskan doa Nabi Adam Alaihissallam kepada Allah Subhanahu wa ta'ala yang saat itu Nabi Muhammad belum ada.

"Maka Allah tanya, dari mana Engkau tahu Muhammad ada, wahai Adam? Kata Adam, ketika Engkau ciptakan aku, Kau tiupkan ruh ke dalam jasadku, Kau angkat kepalaku, aku pandang ada tertulis nama Muhammad di samping nama-Mu. Nama itu tertulis di kaki-kaki tiang Arsy. Itulah dalil mengapa beberapa masjid menulis Allah-Muhammad, Allah-Muhammad," ungkap Ustadz Abdul Somad.

Baca juga: Hari Guru Nasional 2021, Ustadz Abdul Somad Ungkap Kiai Panutannya 

Seperti dikutip dari unggahan akun Facebook Islami Update, Senin (29/11/2021), lebih lanjut lagi UAS juga menjelaskan syariat Islam berbeda-beda dalam setiap nabi yang diutus. Misalnya dalam mengerjakan sholat.

"Setiap nabi itu syariat yang berbeda-beda. Sholat zaman Nabi Sulaiman Alaihissallam tidak sama dengan sholat zaman Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Makanya banyak menyebut Nabi Sulaiman meninggal ketika sedang sholat, padahal dia berdiri ketika lapuk tongkatnya dimakan rayap dia jatuh. Kalau begitu sholat di zaman Nabi Sulaiman itu tak ada rukuk sujud, tegak saja berdiri," papar Ustadz Abdul Somad.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, sedangkan zaman Nabi Isa Alaihissallam sujud. Itulah mengapa kini bisa dilihat pemimpin tokoh Kristian begitu sampai ke suatu kawasan dia sujud.

"Sedangkan syariat sempurna zaman Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Semua sholat dalam nabi-nabi itu disatukan dalam sholat Muhammad Shallallahu alaihi wassallam," terang UAS ketika menjelaskan perbedaan syariat sholat di zaman setiap nabi.

Baca juga: Hukum Mengeluarkan Sperma di Luar Kemaluan Istri, Ini Kata Ustadz Abdul Somad 

Ustadz Abdul Somad juga menjelaskan, meskipun syariatnya berbeda di tiap nabi sebelumnya, akidahnya tetap sama. Namun dalam ajaran Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam merupakan kesempurnaan syariat Islam dari nabi-nabi sebelumnya.

Netizen yang menyaksikan video viral ini pun memberikan berbagai komentar. Ada yang kagum hingga mendokan kebaikan.

Baca juga: Hari Pahlawan, Ustadz Abdul Somad Ungkap Hal yang Membuat Para Pejuang Tidak Takut Mati 

Akun Bundo De*** menulis di kolom komentar, "Massa Allah UAS memang cerdas semoga sehat selalu ..aamiin ya rab."

"UAS cerdas penyampaiannya sangat jelas..semoga uas sehat selalu amiin," ungkap Utoyo Ma***.

Baca juga: Setan Tidak Bisa Meniru Sosok Nabi, Ketahui Ciri-Ciri Fisiknya Menurut Ustadz Abdul Somad 

"Masya Allah Maha Benar Allah. Semua pertanyaan dijawab dgn jelas. Semoga UAS ttp dlm lindungan-Nya dan tetep sehat selalu dalam menjalankan dakwah, Aamiin YRA," respons AR Ka***.

"Subhanallah semoga sehat selalu UAS. Semoga ilmu2 tentang Islam dapat diteruskan kepada generasi dan bermanfaat bagi kaum muslimin dan Muslimat begitu juga dgn yg mendengarkan ceramahnya," komentar Repangg***.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Bolehkah Harta Istri Digunakan Suami? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad 

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini