Gunung Semeru Meletus, Gus Miftah: Perbanyak Zikir Sambil Minta Pertolongan Allah

Hantoro, Jurnalis · Senin 06 Desember 2021 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 06 330 2512450 gunung-semeru-meletus-gus-miftah-perbanyak-zikir-sambil-minta-pertolongan-allah-Mn63kKX2AI.jpg Gus Miftah mengajak semua Muslim mendoakan masyarakat yang terdampak Gunung Semerus meletus. (Foto: Facebook Gus Miftah)

KIAI Miftah Maulana Habiburrahman atau akrab disapa Gus Miftah turut berduka atas terjadinya bencana alam Gunung Semeru meletus. Pimpinan Pondok Pesantren Ora Aji di Sleman, Yogyakarta, ini mengatakan pasti ada hikmah musibah ini.

"Semua pasti ada hikmahnya," ungkap Gus Miftah, seperti dikutip dari unggahan di akun Instagram-nya @gusmiftah, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Baca Doa Ini agar Selamat dari Bencana Alam 

Ia kemudian mengajak semua pihak memperbanyak memanjatkan zikir serta memohon pertolongan hanya kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Semua pasti ada hikmahnya. Banyakin zikir yuk sambil minta pertolongan kepada Allah," ajak Gus Miftah.

Tidak lupa, dirinya mengimbau semua rakyat Indonesia mendoakan masyarakat di sekitar Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, yang terdampak erupsi ini.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ungkap Gunung Selalu Bergerak Dinamis 

Kemudian Gus Miftah mengajak semua pihak menyisihkan rezekinya untuk memberikan donasi kepada masyarakat yang menjadi korban letusan Gunung Semeru ini.

"Doakan saudara-saudara kita di Semeru, dan siapkan donasi kita untuk meringankan beban mereka. Semeru memanggil. Letusannya memorak-morandakan semua, kecuali kemanusiaan kita. Semeru berkabung, semua bergabung. Beban terasa lebih ringan bila kita beriringan. Beban tak lagi berat bila kita berpegang erat," imbaunya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebagaimana diketahui, Gunung Semeru meletus pada Sabtu 4 Desember 2021, sekira pukul 15.00 WIB. Gunung berapi setinggi 3.676 MDPL itu pun mengeluarkan awan panas dan abus vulkanis yang sangat tebal. Ini tentu sangat membahayakan bagi masyarakat di sekitar kaki Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Erupsi Gunung Semeru ini membuat masyarakat di desa-desa sekitarnya panik berlarian. Mereka bersama keluarga berusaha menyelamatkan diri. Warga langsung mengungsi ke tempat yang aman dengan membawa kendaraan atau harta benda lainnya yang masih bisa dibawa.

Baca juga: Alquran Surah Al Baqarah Ayat 1-286 Lengkap Bacaan Latin serta Artinya 

Gunung Semeru.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya