Makam Ulama Indonesia Sayed Abdul Malik di Afrika Selatan Ditetapkan sebagai Warisan Budaya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 614 2513089 makam-ulama-nusantara-sayed-abdul-malik-di-afrika-selatan-ditetapkan-sebagai-warisan-budaya-6qBcTN4J27.jpg Makam ulama Indonesia Sayed Abdul Malik di Cape Town, Afrika Selatan, ditetapkan sebagai warisan budaya. (Foto: Capemazaarsociety)

MAKAM ulama Nusantara Sayed Abdul Malik yang berada di Afrika Selatan resmi ditetapkan menjadi warisan budaya nasional di sana. Hal ini sebagaimana ditetapkan Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan (South African Heritage Resources Agency).

Melalui penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai warisan budaya nasional, maka bangunannya akan dijaga dan dipelihara oleh negara, yaitu oleh Badan Warisan Budaya Nasional Afrika Selatan. Demikian berdasarkan keterangan KJRI Cape Town, sebagaimana dikutip dari Antara, Selasa (7/12/2021).

Baca juga: Hukum Memindahkan Makam Menurut Ajaran Islam, Haram atau Boleh? 

Makam ulama Indonesia Sayed Abdul Malik di Cape Town, Afrika Selatan, ditetapkan sebagai warisan budaya. (Foto: Capemazaarsociety)

Berdasarkan catatan Muslimdirectory, Sayed Abdul Malik berasal dari Indonesia yang tiba di Cape Town menjelang akhir abad ke-18. Sayed Abdul Malik menjadi orang kepercayaan Tuan Guru yang juga seorang ulama Nusantara asal Tidore yang pertama kali membangun masjid di Afrika Selatan.

Cape Mazaars Society sebagai penggagas ditetapkannya makam Sayed Abdul Malik sebagai bagian warisan budaya nasional Afrika Selatan mengungkapkan bahwa hal ini merupakan proses panjang yang dimulai dari tahun 1980-an.

Baca juga: Hoaks! Aa Gym Ajak Pilih Pemimpin Koruptor tapi Muslim 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Saat ini terdapat 10 makam ulama yang telah ditetapkan sebagai situs warisan budaya Indonesia dari seluruh 31 makam ulama yang ditargetkan.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Santri-Santri Doakan Kebaikan untuk Para Korban 

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Pejabat Fungsi Pensosbud Konsul Jenderal RI Cape Town disampaikan bahwa Sayed Abdul Malik bersama Tuan Guru dan Syekh Yusuf merupakan beberapa ulama asal Indonesia yang memperkaya budaya Afrika Selatan dalam konteks spiritualitas.

Ulama-ulama Nusantara telah mewarnai perkembangan Afrika Selatan dari awal kedatangan hingga saat ini. Harapannya dengan penetapan makam Sayed Abdul Malik sebagai national heritage akan memperkaya serta memperkuat hubungan bilateral antara Afrika Selatan dan Indonesia.

Baca juga: Gunung Semeru Meletus, Alquran dan Sains Ternyata Telah Lama Ungkap Fungsi Gunung 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya