Share

Hati-Hati jika Temukan Uang di Jalan, Ustadz Adi Hidayat Sarankan Lakukan Ini

Ahmad Haidir, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 08:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 330 2514221 hati-hati-jika-temukan-uang-di-jalan-ustadz-adi-hidayat-sarankan-lakukan-ini-Oj9t0lS85I.jpg Ustadz Adi Hidayat menjelaskan adab-adab jika menemukan uang di jalan. (Foto: YouTube Muslim-Saluran Dakwah)

USTADZ Adi Hidayat (UAH) mengingatkan umat Islam agar hati-hati kalau menemukan uang atau barang di jalan. Ketika dihadapkan pada kejadian tersebut, mungkin seseorang akan bingung. Kemudian muncul pilihan mengambilnya, berusaha mengembalikan, atau justru membiarkannya. Lantas, bagaimana menurut ajaran agama Islam?

Ustadz Adi Hidayat mengungkapkan apabila Muslimin menemukan uang atau barang berharga lainnya, harus mengedepankan prinsip kehati-hatian.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Ada Bahasa Indonesia Tertulis Jelas di Alquran 

Ilustrasi uang. (Foto: Shutterstock)

"Ada yang nemu tas, nemu dompet, nemu uang, dan sejenisnya yang sekiranya berharga, itu harus dikembalikan," ucap UAH, seperti dikutip dari kanal YouTube Muslim-Saluran Dakwah, Kamis (9/12/2021).

Pendakwah asal Pandeglang, Banten, ini menjelaskan ada dua langkah yang sebaiknya dilakukan sebagai bentuk penerapan prinsip kehati-hatian sekaligus upaya menegakkan hukum yang benar yakni mengembalikannya.

Baca juga: Ameer Azzikra Meninggal, Ustadz Adi Hidayat: Semoga Allah Mengampuni Segala Kekhilafan Beliau 

Pertama adalah membiarkannya. Hal ini jika Anda ragu dan merasa tidak mampu mengembalikannya kepada sang pemilik uang atau barang temuan tersebut. Perlu diketahui, apabila seseorang mengambilnya, maka kewajiban mengembalikan sudah melekat pada si fulan tersebut.

Namun yang lebih bijak adalah apabila merasa tidak mampu mengembalikannya sendiri, ambil barang tersebut lalu berikan kepada orang lain yang sekiranya lebih mampu melacak pemilik barang tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Apabila menemukan uang atau barang di jalanan, hubungi pihak berwajib. Jika menemukan di tempat umum seperti masjid, bandara dan sebagainya, bisa menghubungi pengurus atau petugas yang ada di lokasi.

Kemudian yang kedua, jika Anda merasa punya kemampuan dan kemauan untuk mengembalikannya, maka lakukan hal tersebut dan niatkan karena Allah Subhanahu wa ta'ala untuk beribadah.

Baca juga: Ustadz Adi Hidayat Ungkap Nama Asli Kapitan Pattimura, Bukan Thomas Matulessy 

Bisa jadi Allah Azza wa Jalla memudahkan jalannya dan melembutkan hati sang pemilik barang, bakal ada manfaat yang bisa didapatkan dari barang tersebut.

Ustadz Adi Hidayat lantas membeberkan sejumlah kisah nyata dari orang-orang yang kehilangan barang dan intinya saat seseorang datang mengembalikan barang tersebut, sang pemilik biasanya akan memberikan sebagian atau sesuatu hal lain kepada si pengantar sebagai rasa terima kasih ataupun wujud syukur kepada Allah Subhanahu wa ta'ala.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Angka 40 Disebut Berkali-kali dalam Alquran, Ini Keistimewaannya Menurut Ustadz Adi Hidayat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini