Share

Jenderal Dudung Akan Rekrut Alumni Pesantren, Kemenag: Hanya Satu Kata 'Siap'

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 614 2514305 jenderal-dudung-akan-rekrut-alumni-pesantren-kemenag-hanya-satu-kata-siap-mvxzP9y6UU.jpg KSAD Jenderal Dudung Abdurachman berencana merekrut alumni pesantren menjadi anggota TNI AD. (Foto: Riezky Maulana/MNC Portal)

DIREKTUR Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama (Dirjen Pendis Kemenag) Muhammad Ali Ramdhani mengatakan pihaknya mendukung terkait rencana Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman akan merekrut santri-santri menjadi prajurit karier calon Tamtama, Bintara, dan Perwira Tahun Angkatan 2022. Ini khususnya bagi santri yang berlatar belakang alumni pondok pesantren.

"Ketika negara memanggil, maka hanya satu kata: Siap. Potensinya siap dan kami memberikan apresiasi kepada KSAD Jenderal Dudung yang mengajak alumni-alumni dari pendidikan Islam, termasuk pesantren, untuk bersama menjadi prajurit-prajurit TNI," ujar Ali Ramdhani saat Media Gathering di Hotel Pullman Grogol, Jakarta Barat, Selasa 8 Desember 2021.

Baca juga: Cerita Haru Tobatnya TNI Marwan, Kini Miliki 12 Anak dan Salah Satunya Hafiz Quran 

Ilustrasi santri pondok pesantren. (Foto: Shutterstock)

Ia mengatakan bahwasannya alumni-alumni pondok pesantren mumpuni di segala aspek. Baik perilaku, keterampilan, maupun pengetahuannya yang luas.

"Kami yakin prajurit TNI alumni dari pesantren adalah mereka yang merah putih, NKRI, sekaligus memiliki akhlak yang paripurna, akhlak yang baik," ujarnya.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Ini Doa agar Selamat dari Bencana Alam, Lengkap Latin dan Artinya 

Ali Ramdhani menambahkan, meskipun KSAD Jenderal Dudung Abdurachman berencana merekrut alumni pondok pesantren, sebelumnya tidak ada pelatihan khusus kemiliteran terhadap santri dan bisa dilakukan pelatihan seperti kedisiplinan. Ini dapat diasah oleh para militer.

Sementara itu untuk pengetahuan dan wawasan, alumni pesantren sudah dibekali serta diajarkan selama nyantri di pondok. Sehingga, kata dia, para alumni pesantren sudah siap menjadi abdi negara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sebelumnya, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mengumumkan dirinya akan membuka rekrutmen khusus untuk para santri. Perekrutan itu dibuka untuk jenjang Tamtama hingga Perwira.

Baca juga: Viral Masjid Tetap Utuh meski Diterjang Erupsi Semeru, Netizen: Bukan Main Rumah Allah Ta'ala 

"Pada kesempatan kali ini juga saya akan merekrut prajurit, baik Tamtama maupun Perwira, ini khusus para santri. Dari pesantren-pesantren termasuk dari lintas agama, khususnya dari Muslim, ada khusus lagi tafsir Alquran," kata Jenderal Dudung saat meninjau pengamanan Aksi Reuni 212 di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis 2 Desember 2021.

Ia mengungkap alasannya itu karena para santri yang dididik di pesantren memiliki akhlak yang baik. "Saya merekrut ini karena saya yakin kalau dari pesantren, yang sudah dididik agama, sudah pasti terjaga masalah akhlak," jelasnya.

Baca juga: Ini Waktu Sholat Paling Besar Pahalanya, Ustadz Khalid Basalamah Ungkap Alasannya 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini