Share

Ajak Generasi Muda Hafal Alquran, Tentara Ini Bangun Pesantren Tahfiz

Riezky Maulana, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 12:32 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 614 2514361 ajak-generasi-muda-hafal-alquran-tentara-ini-bangun-pesantren-tahfiz-8pX8BDPRSX.jpg Kisah tentara Perwira TNI AL Mayor Laut (P) Nabil membangun pesantren tahfiz Quran. (Foto: Dispenal)

MENJADI penghafal ayat-ayat suci Alquran adalah sebuah keistimewaan tersendiri bagi kaum Muslimin untuk kehidupan di dunia hingga akhirat. Inilah yang dilakukan seorang tentara perwira TNI AL bernama Mayor Laut (P) Nabil.

Tentara yang sehari-hari berdinas di Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjung Balai Asahan, Sumatera Utara, ini membangun pesantren tahfiz Quran untuk mengajak generasi muda menghafal ayat-ayat suci Alquran.

Baca juga: Cerita Haru Tobatnya TNI Marwan, Kini Miliki 12 Anak dan Salah Satunya Hafiz Quran 

Ilustrasi pesantren tahfiz Quran. (Foto: Shutterstock)

Uniknya, Mayor Nabil mendirikan pesantren tersebut menggunakan dana pribadi. Ia kemudian memberi nama pesantren tahfiz Quran itu dengan Intishorul Bahri yang memiliki makna "Kejayaan di Laut".

Pesantren tahfiz Quran tersebut berada di Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Asahan, Provinsi Sumatera Utara. Dibangun sejak enam tahun lalu, atau tepatnya pada 2014.

Mayor Nabil membangun Pesantren Tahfiz Quran Intishorul Bahri di atas tanah milik keluarganya. Lembaga pendidikan Islam ini ketika baru berdiri dahulu hanya memiliki 5 santri, tapi kini diisi 101 santri.

Baca juga: Jenderal Dudung Akan Rekrut Alumni Pesantren, Kemenag: Hanya Satu Kata 'Siap' 

Ia menceritakan, keinginan mendirikan pesantren tahfiz Quran karena merasa terpanggil setelah melihat banyak generasi muda tidak rindu lagi dengan Alquran. Menurut Mayor Nabil, anak-anak zaman sekarang lebih suka memanfaatkan waktunya bermain atau menonton televisi.

"Padahal dalam agama sudah jelas kita dianjurkan untuk tetap gemar membaca Alquran," papar Mayor Nabil dalam keterangan resmi yang diterima MNC Portal beberapa waktu lalu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Santri-santri di pesantren tahfiz Quran tersebut juga diajarkan langsung oleh Mayor Nabil. Terkadang ia mengajar sambil masih mengenakan seragam tentaranya, usai pulang berdinas di kantornya.

Baca juga: Erupsi Gunung Semeru, Ini Doa agar Selamat dari Bencana Alam, Lengkap Latin dan Artinya 

Pria kelahiran Asahan, 54 tahun lalu, tersebut mengajarkan banyak ilmu kepada santri-santri, mulai tadarus Alquran, tauhid, fikih, tilawah, hingga menghafal. Selain itu, para santri juga diberi pendidikan terkait sholat berjamaah sesuai sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Saya ingin membuktikan bahwa tentara bukan orang yang menyeramkan. Tentara juga bisa memberi kontribusi dengan memberikan edukasi terkait ajaran agama," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Viral Masjid Tetap Utuh meski Diterjang Erupsi Semeru, Netizen: Bukan Main Rumah Allah Ta'ala 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini