Share

Wali Kota Bandung Meninggal Sebelum Sholat Jumat, Ini Keistimewaan Wafat di Hari Jumat

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 13:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 330 2514955 wali-kota-bandung-meninggal-sebelum-sholat-jumat-ini-keistimewaan-wafat-di-hari-jumat-iRjEK9BnDB.jpg Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia sebelum Sholat Jumat. (Foto: Humas Pemkot Bandung)

WALI Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat siang ini. Ia wafat ketika sebelum menunaikan Sholat Jumat di Masjid Muhammadiyah, Jalan Sacang, Kota Bandung, Jawa Barat. Sebelum meninggal, ia sempat jatuh dan pingsan ketika melaksanakan sholat sunah di sana.

Kemudian dia dibawa ke Rumah Sakit Muhammadiyah di Jalan Ahmad Dahlan. Namun setelah di rumah sakit, Wali Kota Bandung Oded M Danial dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Breaking News: Wali Kota Bandung Oded M Danial Meninggal Duniaย 

Terkait meninggal di hari Jumat ternyata memiliki keistimewaan tersendiri menurut ajaran agama Islam. Meninggal dunia atau Hari Jumat adalah salah satu sebab diselamatkan dari siksa kubur. Tentang hal ini dijelaskan dalam hadis yang sahih.

Adapun yang menjadi dalil dari hal tersebut yakni Hadits โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr Radhiyallahu anhu, beliau berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam bersabda:

ู…ูŽู€ุง ู…ูู†ู’ ู…ูุณู’ู„ูู…ู ูŠูŽู…ููˆุชู ูŠูŽู€ูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฃูŽูˆู’ ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ุฅูู„ุงู‘ูŽ ูˆูŽู‚ูŽุงู‡ู ุงู„ู„ู‡ู ููุชู’ู†ูŽุฉูŽ ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู.

โ€œTidaklah seorang muslim meninggal pada hari Jumat atau malamnya, kecuali Allah akan menjaganya dari fitnah kubur."

Baca juga: 6 Keutamaan Doa pada Jumat Sore, Waktu Paling Diagungkan Orang Beragamaย 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Al Hakim At-Tirmidzi berkata, โ€œSiapa saja yang meninggal pada hari Jumat, maka penutup yang ada padanya di sisi Allah akan terbuka, karena pada hari Jumโ€™at api Neraka tidak dinyalakan dan pintu-pintunya pun ditutup, penjaganya tidak bekerja seperti pada hari-hari biasanya.

Baca juga: 6 Amalan yang Bisa Menolong Orangtua di Akhirat, Ustadz Abdul Somad Jelaskan Keutamaannyaย 

Maka itu, jika seorang hamba meninggal pada hari itu, maka hal tersebut merupakan bukti kebahagiaannya dan kabar gembira bagi tempat peristirahatan yang indah baginya.

Tidaklah seseorang dicabut nyawanya pada hari tersebut kecuali dia adalah orang-orang yang telah ditetapkan untuk mendapatkan kebahagiaan, dengan itu dia dibebaskan dari fitnah kubur, karena fitnah kubur merupakan pembeda antara seorang mukmin dan munafik.

Baca juga: Ingin Diringankan Ujian di Dunia? Amalkan Doa Nabi Yunus Iniย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini