Share

Kisah Hijrah Egi John Foreisythe, Bermula dari Tahu Hukum Pesta Tahun Baru

Biladi Muhammad Wiragana, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 14:22 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 621 2518006 kisah-hijrah-egi-john-foreisythe-bermula-dari-tahu-hukum-pesta-tahun-baru-HENLh85Xal.jpg Kisah hijrah Egi John Foreisythe. (Foto: YouTube Kasisolusi)

INILAH kisah hijrah Egi John Foreisythe sang mantan bintang sinetron Tanah Air. Dahulu ia merupakan artis ternama yang kerap mewarnai layar televisi. Namun, Egi John menghilang sejak 2016, dan kini kembali sebagai sosok yang sepenuhnya hijrah menjalankan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala serta sunah Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

"Gua mulai kesentil itu (tahun) 2015 kayaknya. Waktu itu gua melihatnya pesta-pesta tahun baru. Ada dakwah di YouTube membahas (perayaan) tahun baru. Ngapain dirayain, bakar-bakar?" ungkap Egi John Foreisythe mengawali cerita hijrahnya, seperti dikutip dari kanal YouTube Kasisolusi, Kamis (16/12/2021).

Baca juga: Kisah Hijrah Ony Syahrial si Dubber Crayon Shinchan, Berawal Ikut-ikutan Iktikaf di Masjid 

Kisah hijrah Egi John Foreisythe. (Foto: YouTube Kasisolusi)

Ia mengaku bahwa ketidaktahuannya itu karena dirinya yang kurang mengenai pemahaman agama Islam, dan merasa tersentil saat mengetahui hukumnya. Egi John kemudian mengungkapkan rela keluar dari dunia hiburan, bahkan membayar penalti kontrak, saat mendapati dirinya jauh dari jalan Allah Subhanahu wa ta'ala.

"Itu ada perbedaan perasaan di mana hati ingin belajar agama tetapi masih menjalani rutinitas yang seperti itu. Ada beberapa PH gitu ya yang di mana yang akhirnya harus ganti rugi jadi gua bayar. Kalau tidak, gua yang dipenjara," ucap Egi John.

Bahkan, ibunya turut menyayangkan kehendak anaknya yang harus membayar penalti yang nominalnya sampai miliaran rupiah tersebut.

Baca juga: Kisah Hijrah Atlet Skateboard Pevi Permana, Raih Hidayah ketika Antar Istri Sholat 

Egi John pun turut menjelaskan alasan dirinya keluar dari dunia sinetron. Dia mengaku bahwa salah satu alasannya yaitu mengalami bipolar atau berkepribadian ganda.

"Misalnya peran gua jahat, otomatis harus menjiwai karakter jahat. Namanya menjiwai itu kan sudah masuk ke diri. Artinya lu sudah berperan menjadi orang yang jahat. Otomatis gua harus menjadi jahat. Ketika gua memukul atau menganiaya orang (dalam peran), jiwanya itu sudah menjadi jiwa menganiaya. Itu kan artinya sudah serem," tutur Egi John.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut ia juga menjelaskan betapa sulitnya untuk menjadi diri sendiri saat hampir setiap hari menjalankan karakter jahat.

"Kan kalau syuting bisa setiap hari, Senin sampai Jumat. Hari-harinya lu begitu tuh. Ada kasus banyak engga bisa balik sampai akhirnya dia bingung dia yang mana aslinya. Banyak aktor yang seperti itu," tambah Egi John.

Baca juga: Mantap Hijrah, 7 Artis Cantik Ini Langsung Kenakan Hijab 

Hal itulah yang membuat Egi John dan beberapa artis lain yang memilih berhijrah karena bahayanya dunia akting sehingga ajaran agama Islam menjadi pegangan agar tidak salah jalan.

Meskipun telah 5 tahun meninggalkan dunia akting, Egi John masih kerap diajak beradu akting kembali, meskipun dirinya belum menemukan jawaban yang tepat apakah dirinya akan kembali atau tidak.

"Tetapi maksudnya kalau sama agen atau PH yang menawarkan job itu, gua jawabnya apa, kan kita enggak bisa jawab pakai ilmu. Gua enggak mau agamanya yang jadi jelek, ajarannya yang jadi jelek (karena menolak tawaran akting karena agama)," jelasnya.

Baca juga: Cerita Haru Tobatnya TNI Marwan, Kini Miliki 12 Anak dan Salah Satunya Hafiz Quran 

Meskipun telah berhijrah, Egi John masih tetap tidak lepas dari cibiran netizen. Ia mengibaratkan bahwa anjing menggonggong tidak akan memengarhui awan. Lebih lanjut Egi John juga menjelaskan mengapa tidak perlu memedulikan cibiran orang.

"Dieminlah, karena kalau kita belajar berhenti, cuma karena itu berhenti, kita engga akan sampai-sampai. Masalahnya tahu sendiri kalau kajian kitab-kitabnya tebal," ujar Egy John.

Ia juga menjelaskan harta yang dimiliki saat hijrah telah disedekahkan seluruhnya. Dirinya juga merasa salah menginfakkan seluruh hartanya tanpa mengetahui ilmunya tersebut.

"Gua dulu aneh juga sih. Gua salah ekstremnya. Jadi uang-uang yang dapet dari mana, itu semuanya gua keluarin. Karena mikirnya ini dari pendapatan haram. Jadi (uang) tinggal 10 ribu itu," ungkap Egi John.

Baca juga: Perjalanan Hijrah Cinta Penelope, Kehilangan Pekerjaan Usai Berhijab hingga Ingin Bangun Pesantren 

"Jadi kalau mau beramal atau mau ngapain ada ilmunya. Jangan pakai akal-akalan atau improvisasi," tambahnya.

Meskipun kini telah berhijrah, Egi John tidak ingin dipanggil ustadz karena merasa dirinya belum layak dan tidak pantas untuk dipanggil ustadz.

Baca juga: Mantap Hijrah, 5 Artis Cantik Ini Sekarang Tampil Bercadar 

Egi John kini menjalani kehidupan dengan cara menjual makanan. "Dibilang dagang makanan, ada perkumpulan emak-emaklah," ungkap Egi John.

"Dari pendapatan-pendapatan dagang aja, tetapi juga banyak pengeluaran dari income. Sekarang dagang makanan offline," ungkapnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini