Share

Jamaah Umrah Belum Boleh Mencium Hajar Aswad, Ini Alasannya

Hantoro, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 09:59 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 614 2519635 jamaah-umrah-belum-boleh-mencium-hajar-aswad-ini-alasannya-bEkTkT3rIA.jpg Batu Hajar Aswad di bangunan Kakbah, Masjidil, Haram, Makkah. (Foto: Dok Okezone)

KEMENTERIAN Haji dan Umrah Arab Saudi mengumumkan jamaah belum diperbolehkan mencium batu Hajar Aswad yang ada di bangunan Kakbah di Kompleks Masjidil Haram, Kota Makkah. Kebijakan ini dikeluarkan karena masih terjadinya pandemi covid-19, dan muncul mutasi baru varian omicron.

Mereka menegaskan bahwa izin mencium Hajar Aswad ada pada peraturan Presidensi Umum Urusan Dua Masjid Suci. "Juga tidak akan ada izin untuk masuk ke dalam Kakbah Suci," jelas pihak Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, seperti dikutip dari laman Saudigazette, Senin (20/12/2021).

Baca juga: 10 Artis India Beragama Islam Selain Shah Rukh Khan, Nomor 9 Kini Fokus Dakwah 

Sebelumnya mereka mengumumkan bahwa akan ada opsi pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk mendaftar bisa mencium Hajar Aswad, menyentuh Pojok Yaman (Al-Rukn Al-Yamaani), dan melakukan sholat di Hijr Ismail yang sebagian di antaranya adalah dianggap sebagai bagian dari Kakbah Suci.

Kementerian menyatakan pengaturan itu dilakukan setelah menambahkan ikon baru berjudul "Tawaf" pada aplikasi Eatmarna dan Tawakkalna untuk memfasilitasi jamaah melakukan tawaf.

Baca juga: Putus Sekolah, TKW Cantik Asal Madura Ini Justru Sukses Jadi Bos Camilan di Makkah 

Mereka juga membuat beberapa prosedur dalam hal ini dengan mengajukan proposal untuk memanfaatkan penghalang yang tersedia di mataf (area melingkar di sekitar Kakbah) untuk mengatur masuk dan keluar sehingga memungkinkan jamaah mencium Hajar Aswad. Proposal pun telah dirujuk ke pihak berwenang. Demikian menurut sumber kementerian.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini