Share

Allah Ta'ala Pertama Kali Tumbuhkan Uban di Kepala Nabi Ibrahim, Ini Tujuannya

Novie Fauziah, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 21 330 2520508 allah-ta-ala-pertama-kali-tumbuhkan-uban-di-kepala-nabi-ibrahim-ini-tujuannya-v40J9eVFlB.jpg Ilustrasi uban. (Foto: Shutterstock)

INILAH kisah rambut uban yang pertama kali ditumbuhkan oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Allah Ta'ala menumbuhkan uban pertama di kepala Nabi Ibrahim Alaihissallam. Pastinya ada tujuan tersendiri akan hal itu.

Allah Subhanahu wa ta'ala menumbuhkan rambut uban tersebut agar Nabi Ibrahim Alaihissallam memiliki perbedaan penampilan dengan anaknya Nabi Ishaq Alaihissallam. Pasalnya, keduanya sangat mirip hingga banyak orang sulit membedakannya.

Baca juga: Kisah Nabi Sulaiman Raja Semua Makhluk, Punya Kursi Deteksi Kebohongan Buatan Setan 

Uban. (Foto: Shutterstock)

Baca juga: Dengar Kisah Nabi di Radio, Bule Ini Tidak Lagi Benci Islam dan Mantap Jadi Mualaf 

"Nabi Ibrahim Alaihissallam dan Nabi Ishaq Alaihissallam itu sangatlah mirip. Jadi, Allah Subhanahu wa ta'ala memberikannya pembeda, yaitu tumbuh uban di rambut Nabi Ibrahim," ungkap Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani) Ustadz Ainul Yaqin kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Sebagaimana dijelaskan, salah satu tumbuhnya uban yaitu sebagai pembeda, contohnya Nabi Ibrahim Alaihissallam dan Nabi Ishaq Alaihissallam. Ustadz Ainul Yaqin megatakan, pernah suatu hari Nabi Ishaq disapa oleh masyarakat yang mengucapkan "Assalamualaikum yaa Khalilullah".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kemudian putra Ibrahim itu terkejut karena dirinya disangka ayahnya. Kemudian Nabi Ishaq Alaihissallam menjawab, "Ini aku Ishaq, anak dari Ibrahim. Ia (ayahnya) lebih baik, aku seperti budaknya, dan ia seperti majikannya."

Baca juga: Kisah Penobatan Kenabian Rasulullah, Dipeluk Keras Malaikat Jibril Seakan Ruhnya Keluar 

Oleh karena itu, Allah Subhanahu wa ta'ala menumbuhkan uban di kepala kekasih-Nya itu. Melihat adanya uban di kepalanya, Nabi Ibrahim Alaihissallam sebenarnya sedih. Namun, semua itu ia terima dengan ikhlas karena apa yang terjadi kepadanya, termasuk tumbuh uban, adalah kehendak Allah Ta'ala.

"Nabi Ibrahim bertanya: Ya Allah apakah ini uban?. Kemudian Allah menjawab pertanyaan kekasih-Nya itu: Benar, itu tanda kewibawaan dan kebijaksanaan. Nabi Ibrahim malah meminta ditambahkan kewibawaannya itu," cerita Ustadz Ainul Yaqin.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kisah Menyentuh Rasulullah yang Berakhlak Mulia Mengenakan Pakaian Lusuh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini