Share

Adab-Adab Makan Menurut Syariat, Nomor 7 Mendatangkan Banyak Keberkahan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 22:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 330 2521746 adab-adab-makan-menurut-syariat-nomor-7-mendatangkan-banyak-keberkahan-W4atrFYf3F.jpg Ilustrasi adab-adab makan sesuai syariat Islam. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

SETIAP Muslim hendaknya mengetahui adab-adab makan sesuai syariat Islam. Tujuannya agar meraih keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala ketika sedang makan. Demikian diungkapkan Kiai Haji Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym.

Nah, apa saja adab-adab makan menurut ajaran agama Islam? Berikut ini 10 di antaranya, sebagaimana dihimpun dari kanal YouTube Aa Gym Daily Vlog.

Baca juga: 4 Kriteria Memilih Pasangan Hidup Menurut Rasulullah 

1. Niat

Sesudah niat makan untuk menguatkan tubuh, niat makan supaya diri bisa kuat dalam ibadah. Itulah mengapa setiap Muslim harus niat makan.

2. Membaca Bismillah

Aa Gym menerangkan, jikalau Muslimin lupa membaca Bismillah, bisa membaca:

بسم اللهِ أوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Bismillahi awwalahu wal akhiru

Artinya: "Dengan mengucap nama Allah pada awal dan akhirnya."

Baca juga: Adab-Adab Membaca Alquran, Nomor 8 Bisa Membuat Lebih Mengerti Isinya 

3. Duduk

Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam tidak makan sambil berdiri, dan juga tidak makan sambil bersandar. Rasulullah terbiasa duduk di lantai ketika makan.

"Jadi jangan heran kalau melihat umat Islam duduk di bawah, melihat piring yang besar untuk makan bersama-sama duduknya seperti ini," ungkap Aa Gym.

Memang tidak dilarang untuk duduk di meja makan, namun Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam makan sebagaimana seorang hamba sahaya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini