Share

Jenis-Jenis Pondok Pesantren di Indonesia, Nomor 5 Fasilitasnya Lengkap dan Modern

Hantoro, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 11:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 614 2521393 jenis-jenis-pondok-pesantren-di-indonesia-nomor-5-fasilitasnya-lengkap-dan-modern-1GSkZaiAuk.jpg Ilustrasi jenis-jenis pondok pesantren di Indonesia. (Foto: Shutterstock)

JENIS-jenis pondok pesantren ternyata sangat ingin diketahui para orangtua Muslim. Ini terutama menjelang mereka memasukkan anak-anaknya ke lembaga pendidikan Islami tersebut.

Hampir di semua wilayah Indonesia diketahui banyak terdapat pondok pesantren. Mulai untuk tingkat sekolah dasar hingga menengah atas. Tentunya ini menjadi pilihan para orangtua Muslim kapan waktu yang tepat memasukkan anak-anaknya ke pondok pesantren.

Lantas, apa saja jenis-jenis pondok pesantren yang ada di Indonesia? Berikut beberapa di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum, Kamis (23/12/2021).

Baca juga: Apa Itu Pondok Pesantren? 

1. Pesantren salaf

Pesantren salaf/salafi yaitu pesantren yang menyelenggarakan pendidikan berdasarkan kitab-kitab klasik atau kitab-kitab kuning yang disusun oleh para ulama-ulama salaf dan kiai sebagai figur sentral. Pesantren ini tidak menyelenggarakan pendidikan formal seperti SD/MI, MTs/SMP, SMA/ SMK/MA atau bentuk pendidikan formal lainnya. Demikian dikutip dari laman Abusyuja.

2. Pesantren kholaf (modern)

Ini merupakan pesantren yang menyelenggarakan pendidikan dengan pengelolaan manajemen modern. Pusat pendidikan tidak berpusat pada seorang kiai, tetapi lebih pada sistem dalam bentuk kurikulum dan administrasi pendidikan formal.

Baca juga: Kisah Mualaf Mantan Aktivis Rumah Ibadah, Berawal Baca Sejarah Hari Raya di Mading 

3. Pesantren perpaduan salaf dan kholaf

Pesantren jenis ini masih menyelenggarakan pengajaran kitab-kitab klasik dengan kiai sebagai figur sentral, tetapi juga menyelenggarakan pendidikan formal seperti SD/MI, MTs/SMP, SMA/SMK/MA atau bentuk pendidikan formal lainnya.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Pesantren takhassus

Jenis pesantren ini khusus pembelajaran materi tertentu. Contohnya pesantren tahfiz Alquran. Ada juga pesantren khusus ilmu fikih. Lalu pesantren khusus materi tentang hadis, dan sebagainya. Adapun sistemnya lebih banyak menggunakan pola pesantren salafiyah modern yang memiliki pendidikan formal. Keuntungan dari pesantren takhassus adalah kualitas alumni dalam bidang tertentu.

Baca juga: 13 Tahun Jadi Pemuka Agama, Henrico Ucap Syahadat Usai Yakini Tuhan Itu Satu 

5. Boarding school bermodel pesantren

Lembaga pendidikan Islami modern ini mulai banyak didirikan. Tidak ada figur kiai di pesantren ini. Hanya ada manajemen sekolah. Tidak ada satu sosok sentral yang berilmu. Adanya kurikulum. Ciri-ciri pesantren jenis ini adalah fasilitasnya yang lengkap. Musalnya, masjid yang sangat bagus, kamar santri yang cukup baik, menu makanan yang luar biasa nikmat.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini