5 Kurma yang Sering Dimakan saat Berbuka Puasa, Mana Favoritmu?

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 09:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 614 2532007 5-kurma-yang-sering-dimakan-saat-berbuka-puasa-mana-favoritmu-TlxIVIUM3d.jpg Ilustrasi buah kurma. (Foto: Freepik)

SEKIRA 78 hari menuju bulan Ramadhan 1443 Hijriah atau 2022 tentunya tidak akan lepas dari takjil kurma. Buah ini akan umum ditemui sepanjang bulan puasa tersebut, bahkan beberapa bulan sebelumnya sudah ada beberapa pedagang yang menjual kurma.

Kurma menjadi salah satu makanan yang disunahkan untuk berbuka puasa. Rasanya manis dan teksturnya bermacam-macam. Ada yang lembut hingga berserat, tergantung jenisnya.

Baca juga: 2 Waktu Terkabulnya Doa di Hari Jumat, Kapan Saja?ย 

Menyantap buah kurma dengan jumlah ganjil juga disunahkan oleh Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Dalam kitab Shahih Al-Bukhari dan Shahih Muslim, diriwayatkan hadis dari sahabat Saโ€™ad bin Abi Waqqash, dari Nabi Muhammad Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, beliau pernah bersabda:

ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุตูŽุจู‘ูŽุญูŽ ุจูุณูŽุจู’ุนู ุชูŽู…ูŽุฑูŽุงุชู ุนูŽุฌู’ูˆูŽุฉู‹ุŒ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุถูุฑู‘ูŽู‡ู ุฐูŽู„ููƒูŽ ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุณูู…ู‘ูŒ ูˆูŽู„ุงูŽ ุณูุญู’ุฑูŒ

"Barang siapa mengonsumsi tujuh butir kurma Ajwa pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir."

Buah kurma sendiri memiliki banyak manfaat lho untuk kesehatan tubuh. Dikutip dari buku 'Alquran vs Sains Modern menurut Dr Zakir Naik' karya Ramadhani dan kawan-kawan, kurma bisa membantu membunuh atau mengurangi jumlah cacing dalam tubuh jika dikonsumsi saat perut dalam keadaan kosong.

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Berkah yang Sayang jika Dilewatkan, Berpahala Sangat Besarย 

Namun tahukah Anda, kurma yang sering dijumpai tidak semuanya sama? Ada beberapa jenis kurma, dan daerah asalnya pun berbeda-beda.

Dikutip dari kanal YouTube iTz Dzikry, Jumat (14/1/2022), berikut ini lima jenis kurma yang sering dimakan saat berbuka puasa.

1. Kurma amer hajj

Kurma ini di cukup populer di Irak. Kemudian sering dijadikan hidangan bagi para tamu. Kurma amer haji kerap disebut dengan the visitor's date.

Rasanya manis dengan daging tebal dan lembut kulitnya pun tipis. Kurma Amer Hajj dibanderol Rp75 ribu hingga Rp150 ribu.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Kurma mazafati

Kurma yang dijuluki bam ini tumbuh subur di wilayah Kerman, Iran. Warnanya gelap dan berukuran sedang rasanya cenderung manis, serta menyegarkan. Harga kurma mazafati ini kisaran Rp40 ribu hingga Rp60 ribu per kilogramnya.

Baca juga: Abu Nawas Porak-porandakan Rumah Hakim Gara-Gara Mimpi, Kok Malah Dipuji Raja?ย 

3. Kurma halawi

Selanjutnya ada kurma halawi. Berasal dari Arab Saudi, banyak dikonsumsi untuk berbuka puasa. Memiliki rasa yang sangat manis, serta dengan ukurannya yang kecil dan bertekstur lembut. Harga kurma halawi ini dibanderol Rp25 ribu hingga Rp75 ribu per kilonya.

4. Kurma sekki

Buah kurma yang satu ini sebagai alternatif lain bagi Anda yang tidak suka rasa manis. Warnanya kuning di bagian atas dan coklat di bagian bawahnya. Tekstur buah kurma sekki agak keras, tetapi daging buahnya empuk saat dimakan. Harga per kilonya yaitu Rp60 ribu sampai Rp175 ribu.

Baca juga: Surat Al Kahfi Ayat 1-110 Lengkap Terjemahan hingga Keutamaan Dibaca Setiap Jumatย 

5. Kurma ajwa

Kurma ajwa disebut-sebut sebagai kurma Nabi, karena dahulu sering dikonsumsi Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassallam. Rasanya mirip dengan kismis, yakni tidak terlalu manis.

Kurma ini juga dianggap sangat spesial, karena dipercaya memiliki keistimewaan sebagai buah favorit Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam. Harga per kilogramnya yaitu kisaran Rp60 ribu sampai Rp175 ribu.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini
Adzan Shubuh Adzan Dzuhur Adzan Ashr Adzan Maghrib Adzan Isya