Share

Lezatnya Ukha, Sup Halal Khas Rusia Favorit Masyarakat Muslim untuk Buka Puasa

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 19 Januari 2022 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 19 615 2534317 lezatnya-ukha-sup-halal-khas-rusia-favorit-masyarakat-muslim-untuk-buka-puasa-RxaJuDB0Hg.jpg Sup ukha makanan halal khas Rusia. (Foto: Curiouscusiniere)

PERNAHKAH Anda mengetahui makanan ukha? Ya, ini adalah sup halal khas Rusia yang rasanya dijamin lezat banget. Jika Anda sedang berlibur ke negara Eropa bagian timur ini, atau berkesempatan makan di restoran Rusia, jangan dilewatkan menyantap ukha.

Ukha merupakan salah satu jenis sup ikan favorit masyarakat Rusia, terutama kaum Muslimin. Makanan halal ini cukup istimewa. Sup ikan satu ini rasanya gurih dan nikmat. Warna kuahnya bening kecoklatan, disertai potongan daging ikan.

Baca juga: Hebat! Abu Nawas Bisa Memenjarakan Angin, tapi Malah Bikin Raja Kebauan 

Sup ukha makanan halal khas Rusia. (Foto: SBS)

Jenis ikan yang digunakan sebagai bahan dasarnya adalah ikan strugeon, salmoon, dan cod. Jadi kaum Muslimin bisa menyantapnya tanpa harus ragu-ragu.

"Dibuat oleh teman saya. Itu sangat lezat," ungkap salah satu pengguna Instagram Kristina Grigoyan @krist1us.

Baca juga: Yakin 100% Islam Agama Paling Benar, Bule Cantik Ini Mantap Jadi Mualaf 

Konon ukha sudah ada sejak abad ke-16. Diperkenalkan oleh nelayan-nelayan di Rusia yang sering memasak hasil tangkapannya menjadi sup.

Kudapan halal satu ini cocok dinikmati kapan saja. Seperti saat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Perlu diketahui bahwa ukha menjadi salah satu menu andalan yang sering dikonsumsi masyarakat Muslim di Rusia yaitu ketika berbuka puasa. Jadi saat akan memakan sup ini, tidak perlu diragukan lagi kehalalannya.

Jika Anda ingin membuatnya sendiri di rumah, terbilang cukup mudah lho. Siapkan sekira 500 gram ikan yang telah disebutkan sebelumnya, kupas kulit dan tulangnya, sediakan air, bawang bombai diiris, wortel, kentang, dan daun salam.

Baca juga: Alquran Surat Al Qasas Ayat 1-88 Lengkap Tulisan Arab, Latin, hingga Artinya 

Sup ukha makanan halal khas Rusia. (Foto: Petersfoodadventures)

Baca juga: Biografi Imam Malik: Berasal dari Keluarga Periwayat Hadis hingga Mendirikan Mazhab Maliki 

Kemudian untuk bumbunya sendiri cukup menggunakan garam dan lada hitam. Rebus semua bahan-bahan, tunggu hingga 20 menit.

Saat proses memasak hampir selesai, air akan keruh. Anda bisa menyaringnya untuk menghasilkan kuah bening. Supaya lebih nikmat dan memikat, tambahkan daun peterseli agar mengeluarkan aroma lebih harum. Selamat mencoba.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini