Share

Kisah TKI Faiz Slamet Sukses Jadi Petugas Haji, Punya Penghasilan Rp58 Juta/Bulan

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 614 2535081 kisah-tki-faiz-slamet-sukses-jadi-petugas-haji-punya-penghasilan-rp58-juta-bulan-I0YQLqlItb.jpg Kisah TKI Faiz Slamet (kanan) sukses jadi petugas haji di Arab Saudi. (Foto: YouTube Muhammad Sofi AW)

ADA banyak kisah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang sukses di negara orang. Salah satunya dialami oleh TKI asal Madura bernama Faiz Slamet di Arab Saudi.

Usai merantau ke Tanah Suci, kini Faiz Slamet bisa mendapat penghasilan 500 riyal atau sekira Rp1,9 juta per harinya. Jika di total, Faiz bisa mendapatkan 15 ribu riyal atau mencapai Rp58 juta dalam sebulan. Bagaimana kisahnya? Simak selengkapnya berikut ini.

Baca juga: Viral! Lantunan Doa Dipanjatkan untuk Makam Upin Ipin di Kota Palu 

Dikutip dari kanal YouTube Muhammad Sofi AW, Kamis (20/1/2022), Faiz Slamet adalah seorang sarjana (S-1). Kala itu dia sedang mencari pekerjaan. Namun karena tidak ada posisi yang sejalur dengan jurusannya, dia memutuskan mengisi waktu luangnya untuk mencari modal usaha ke Arab Saudi.

Di samping itu, Faiz memang memiliki saudara yang bekerja di sana. Dia melihat sang paman hidup bergelimang harta hingga mampu membeli banyak lahan di Indonesia. Akhirnya, Faiz tertarik mengikuti jejak sang paman.

Pada tahun 2009, Faiz pergi ke Arab Saudi. Sesampainya di sana, dia melamar kerja ke Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah. Sayang, Faiz gagal saat mengikuti tes wawancara.

Baca juga: Kisah Kakek Tukang Sapu Pasar Ternyata Waliyullah, Bisa Berada di 3 Tempat Jauh dalam Waktu Bersamaan 

Berselang beberapa tahun, pada tahun 2011, Faiz mencoba peruntungan melamar kerja sebagai petugas haji Indonesia. Rupanya, dia berhasil lolos mengalahkan ribuan pendaftar petugas haji lainnya. Faiz masih ingat betul gaji pertamanya kala itu.

"Saya masih ingat itu gaji pertama 18.600 riyal sekitar Rp60 jutaan," beber Faiz Slamet.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

TKI asal Madura ini memilih menjadi muthawif mengikuti jejak paman dan bibinya. Menariknya, Faiz menjadi muthawif pertama yang membawa jamaah haji dan umrah ke Kota Thaif, Arab Saudi, kala itu.

"Ini berkah ya, pertama kali bawa jamaah umrah ke Thaif itu saya. Pertama kali. Dulu Thaif ditutup dan kebetulan jamaah umrah yang saya bawa itu adalah tamu dari Kemenag (Kementerian Agama)," ungkap Faiz.

Baca juga: Masuk Islam, Gadis Cantik Asal Amerika Ini Tegaskan Tuhan Tidak Miliki Anak 

Semenjak itu nama Faiz Slamet makin populer sebagai muthawif. Dia pun meraup banyak pendapatan lantaran kerap menerima panggilan sebagai pemimpin muthawif.

Faiz bahkan bisa membawa dua travel sekaligus dalam sehari. Sementara untuk satu travel bisa dibanderol 250 riyal atau sekitar Rp957 ribu. Jika ditotal, Faiz bisa mendapat 15 ribu riyal atau mencapai Rp58 juta dalam sebulan.

"Jadi kalau dua kali ini, sehari bisa 500 riyal," ucap Faiz.

Baca juga: Abu Nawas Beri Jawaban Cerdas soal Telur dan Ayam, Raja pun Kebingungan, Terpaksa Kasih Hadiah 

Kini Faiz Slamet sudah sukses menjadi petugas haji di Makkah. Kemudian, dia mulai melebarkan sayapnya ke dunia entertainment.

Melalui kanal YouTube-nya, Faiz Slamet rutin membagikan kesehariannya di Arab Saudi. Saat ini dia sudah memiliki lebih dari 77 ribu subscriber. Tidak dimungkiri, sumber penghasilannya pun kian bertambah setiap harinya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini