Share

Apakah Anak Angkat Bisa Jadi Amal Jariyah? Ini Kata Ustadz Khalid Basalamah

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 21 330 2535588 apakah-anak-angkat-bisa-jadi-amal-jariyah-ini-kata-ustadz-khalid-basalamah-6lztJK0s6c.jpg Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA. (Foto: MeTube Muslim Channel)

USTADZ Dr Khalid Basalamah Lc MA mengatakan merawat anak merupakan sesuatu yang mulia jika dilakukan dengan sepenuh hati dan ikhlas karena Allah Subhanahu wa ta'ala. Ketika sang anak bertumbuh kembang menjadi orang yang baik untuk dirinya maupun sekitar, pahala akan mengalir deras kepada orangtua yang berhasil mendidiknya.

Seperti diketahui bahwa memiliki anak-anak salih yang selalu mendoakan kedua orangtuanya merupakan salah satu amal jariyah bagi orangtua. Amal jariyah sendiri berarti suatu amalan atau perbuatan yang pahalanya tidak pernah putus, meski orang yang melakukan amalan itu telah meninggal.

Baca juga: Korban Kecelakaan Balikpapan Meninggal pada Hari Jumat, Ini Menurut Pandangan Islam 

Baca juga: 3 Cara Alami Obati Sakit Gigi ala Ustadz dr Zaidul Akbar, Salah Satunya Gunakan Arang 

Lantas, apakah hal ini berlaku pula jika seseorang mengadopsi anak atau dengan kata lain anak yang dirawat bukanlah berasal dari darah daging sendiri? Tidak perlu risau bagi orangtua yang tidak memiliki anak kandung.

Meskipun membesarkan anak dari rahim orang lain, selama anak tersebut tumbuh menjadi anak salih maupun salihah, niscaya sang anak akan tetap menjadi amal jariyah. Hal ini pun dibenarkan oleh Ustadz Khalid Basalamah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Lebih lanjut ia menjelaskan hal tersebut tidak hanya berlaku untuk seseorang yang dianggap anak, tetapi juga semua manusia. Semisal ada kaum kurang mampu yang hidupnya dibiayai oleh seseorang, menurut Ustadz Khalid Basalamah, hal itu juga akan menjadi amal jariyah.

Baca juga: Biografi Imam Ahmad bin Hanbal: Pendiri Mazhab Hanbali yang Hafal Lebih dari 1 Juta Hadis 

Baca juga: 8 Sunah di Hari Jumat Miliki Pahala Besar, Salah Satunya Tidak Memeluk Lutut ketika Simak Khotbah 

"Tentu saja (menjadi amal jariyah), (berlaku untuk) semua orang yang Anda biayai hidupnya walaupun tidak diadopsi sebagai anak," ujar Ustadz Khalid Basalamah saat menjawab pertanyaan seorang wanita, dikutip dari kanal YouTube Khalid Basalamah Official, Jumat (21/1/2022).

Pada intinya, para orangtua yang tidak memiliki anak kandung tak perlu khawatir. Anak angkat atau adopsi pun tetap bisa mengucurkan pahala meski Anda kelak harus pergi selamanya. Asalkan, sang anak benar-benar dididik menjadi anak salih.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini