Share

Amalan Doa Sebelum Berhias, Supaya Cantik Luar dan Dalam

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 05 Februari 2022 11:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 05 614 2542739 amalan-doa-sebelum-berhias-supaya-cantik-luar-dan-dalam-yuuYHcqO9e.jpg Amalan doa sebelum berhias, supaya cantik luar dan dalam (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Bercermin merupakan kebiasaan yang sering dilakukan sehari-hari, gunanya untuk melihat apakah penampilan sudah baik atau rapi.

Kendati demikian, ketika hendak berhias diri di depan cermin, ada baiknya berdoa terlebih dahulu.

Ustadz Raden Ahmad Affandi mengatakan, ada banyak manusia yang selalu galau ketika wajahnya tidak terias dengan baik. Serta, banyak pula yang sibuk mempercantik dirinya dengan berbagai cara.

Menurutnya, hal ini menyebabkan rasa tidak percaya diri atau insecure.

"Berapa banyak di antara kita yang menjadi gelisah karena melihat tubuh kita yang tidak proposional. Berapa banyak di antara kita yang sibuk mempercantik diri, dengan pergi ke salon, make up dan seterusnya," katanya dalam video yang diunggah Okezone beberapa waktu lalu.

Kemudian, ia menambahkan, ada suatu doa yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Di mana doa ini juga termasuk salah satu riwayat hadist, menjelaskan dan menghubungkan korelasi antara wajah, hati dan akhlak yaitu:

اَللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْتَ خَلْقِيْ فَحَسِّنْ خُلُقِيْ

Allahumma kamaa hassanta kholqi fa hassin khuluqi

Artinya: "Ya Allah, sebagaimana Engkau telah ciptakan aku dengan baik, maka perbaikilah akhlakku".

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ustadz Raden menjelaskan, doa yang diajarkan Rasulullah ini memiliki ikatan yang sangat kuat, yaitu antara zahir (perbuatan yang terlihat oleh mata) dan batin (perbuatan yang tidak terlihat oleh mata). Selain itu, yang harus dipercantik bukan hanya wajahnya saja, melainkan hati atau akhlak pun harus diperbaiki.

"Subhanallah, doa yang diajarkan Nabi ini memiliki ikatan kuat antara zahir dan batin," ujar dia.

Di dalam doa tersebut, tambahnya, Rasulullah SAW seolah-olah menekankan kepada umatnya, yaitu "wahai umatku, ingatlah bukan wajahmu saja yang harus kau percantik. Tetapi akhlakmu," Sebab esensi kecantikan adalah sesuatu yang lahir dari dalam diri. Lalu, terbentuk menjadi akhlak yang mulia.

Allah memberikan sedemikian rupa wajah manusia. Oleh karenanya, kata Ustadz Raden, kita jangan sampai terlalu sibuk mempercantik hingga terobsesi dalam bersolek diri.

Ia menambahkan, yang harus diperhatikan juga bagaimana akhlak dari manusia itu sendiri, menjadi lebih baik. Oleh karena itu telinga, wajah, mulut dan semua anggota tubuh yang ada pada manusia mencerminkan esensi dari dalam diri.

"Doa ini adalah doa yang sangat luar biasa. Allah telah menciptakan sebagai manusia yang sempurna dan mengikuti Rasulullah dengan akhlak yang mulia," pungkasnya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini