Share

Demi Bekal di Akhirat, 5 Artis Ternama Ini Bangun Pesantren

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 09 Februari 2022 19:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 09 614 2544760 masya-allah-demi-akhirat-5-artis-ternama-ini-bangun-pesantren-YtXmtCSQE0.jpg Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar salah satu pasangan artis yang membangun pondok pesantren. (Foto: Instagram @attahalilintar)

SEJUMLAH artis ternama Tanah Air ternyata tidak hanya mengejar materi duniawi. Mereka juga memperbanyak bekal untuk di akhirat kelak. Salah satunya dengan membangun pondok pesantren. Ya, ada figur publik yang menyisihkan hartanya untuk membangun lembaga pendidikan Islami tersebut.

Para artis ternama itu tidak tanggung-tanggung membangun pondok pesantren. Mereka mencari lahan, mendirikan bangunannya, hingga mempersiapkan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan.

Nah, siapa saja artis-artis ternama Indonesia yang membangun pondok pesantren? Berikut ini lima di antaranya, sebagaimana telah Okezone rangkum.

Baca juga: Bukan Almarhum, Ini Sebutan Lebih Tepat untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia 

1. Atta Halilintar

YouTuber papan atas Atta Halilintar memberi tahu rencananya untuk membangun pondok pesantren. Suami dari Aurel Hermansyah ini bakal mendirikan ponpes bersama sang paman.

Pesantren yang bakal dibangun Atta Halilintar disebut-sebut akan diberi nama Pesantren AHHA Binaumma. Namun, ia belum menjelaskan secara detail di mana letak ponpes yang segera dibangun tersebut.

Hal ini diketahui lewat unggahan di akun Instagram pribadinya @attahaililntar. "Bismillah Pesantren AHA Binaumma dengan izin Allah on progress," tulis Atta dalam keterangan foto yang diunggah.

Ia menyebut akan membangun Pondok Pesantren AHHA Binaumma dengan didampingi pamannya yaitu Ariyo Tedjo atau Om Aryo. "Bersama Om Aryo tersayang yang selalu mendampingi saat pernikahan kemarin," jelasnya.

2. Baim Wong

Pasangan selebritas Baim Wong dan Paula Verhoeven ketika merayakan ulang tahun kedua pernikahan mengumumkan sedang membangun pesantren. Hal itu diungkapkan lewat unggahan di akun Instagram-nya.

"Alhamdulillah, hari ini dapat kabar menyenangkan. Insya Allah tanah wakaf yang luasnya 3–6 hektare, yang sudah lama saya cari untuk pesantren dan juga penghafal Quran, sudah 75 persen jadi," tulis Baim Wong dalam posting-annya.

Pondok pesantren tersebut berada di Purwakarta, Jawa Barat, tanah kelahiran almarhumah ibunda Baim Wong.

"Sengaja saya cari di Purwakarta supaya bisa selalu mengingat mama. Mungkin cara ini yang masih bisa saya lakuin untuk bahagiain mama. Minta doa untuk kelancarannya," terang Baim Wong.

Baca juga: 10 Masjid Terindah di Eropa, 2 di Antaranya Tanda Jasa untuk Muslim Pejuang 

3. Ustadzah Oki Setiana Dewi

Ustadzah Oki Setiana Dewi juga hendak membangun pondok pesantren. Tidak tanggung-tanggung, ponpes tersebut rencananya berada di Amerika Serikat. Oki memiliki rencana tersebut karena terinspirasi Imam Shamsi Ali, pendakwah asal Indonesia di Negeri Paman Sam.

“Saya enggak rela itu jadi pahala sendiri. Saya pengin jadi bagian dari perubahan, dan saya yakin yang di sini ingin berpartisipasi. Karena pertumbuhan Islam di Amerika dan Eropa sangat tinggi, kita harus menjaga ilmu agar tetap istikamah. Itu sebabnya harus didirikan Muslim yang berkarakter dan santun. Maka dari itu jika pesantren yang jadi khasnya orang Indonesia itu harus ada di sana karena sebagai karakter,” ucap Oki Setiana Dewi.

Ia bersama rekan-rekan sesama artis pun memiliki misi menggalang dana demi pembangunan Pesantren Inka Nusantara Madani yang rencananya jadi pesantren pertama di tanah Amerika Serikat. Ide itu sendiri rupanya mendapat banyak dukungan, bahkan ada yang berani menyumbang Rp500 juta demi pesantren tersebut.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Ustadz Yusuf Mansur

Ustadz Yusuf Mansur pada 2003 mendirikan Pesantren Daarul Quran. Ia berkhidmat menciptakan kader-kader penghafal Alquran di Indonesia dengan Program Pembibitan Penghafal Alquran (PPPA) Daarul Quran. Dimulai dengan mengasuh beberapa santri tahfiz, kemudian berkembang hingga ribuan santri yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Dari sudut sempit Musholla Bulak Santri yang bersebelahan dengan makam desa, di tempat itulah berawal aktivitas PPPA Daarul Quran mengusung visi dan cita-cita besar. Sedari awal, PPPA Daarul Quran berkonsentrasi dalam upaya membangun kesadaran masyarakat untuk kembali pada Alquran dengan menggulirkan program-program yang bertujuan untuk membibit dan mencetak penghafal Quran.

Makin hari, gerakan dan kesadaran masyarakat untuk melahirkan para penghafal Alquran terus meluas. Maka diperlukan payung kelembagaan yang kuat dan profesional. Pada 29 Maret 2007 di Balai Sarbini Jakarta, identitas PPPA Daarul Quran resmi diperkenalkan ke publik. Dikukuhkan melalui akte notaris tertanggal 11 Mei 2007.

PPPA Daarul Quran membangun gerakan Rumah Tahfizh di dalam dan luar negeri. Dalam program dakwah dan sosial, PPPA juga terlibat dalam pembangunan kemandirian dan pengembangan masyarakat berbasis tahfizul Quran.

Mulai bantuan beasiswa, kemanusiaan, kesehatan, dan pengembangan masyarakat. Dengan program kreatif, membumi, dan tepat sasar PPPA terus dipercaya masyarakat sebagai mitra pengelola sedekah dalam pembangunan bangsa berbasis tahfizul Quran.

Baca juga: Rumah Baim Wong Dimasuki 10 Ular, Pertanda Apa Menurut Islam? 

Baca juga: Kisah Lucu Abu Nawas Menangkap Harimau Berjenggot Genit yang Menggoda Istrinya 

5. Azis Gagap

Pelawak Azis Gagap diketahui juga membangun sebuah pondok pesantren bernama Ash-Habul Aziziyah di Leuwiliang, Bogor, Jawa Barat. Di sana santri-santri tidak hanya diajarkan pelajaran agama Islam, tapi juga kemandirian melalui berkebun, beternak, dan kegiatan lainnya.

Sudah ada puluhan santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Azis Gagap. Meski terlihat cukup sederhana, ponpes Azis Gagap terlihat sangat membuat tenang. Pasalnya, berada di tengah desa yang sejuk dan bernuansa alamiah.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini