Share

Gus Baha Ungkap Karomah Kiai Abbas Buntet Jatuhkan Pesawat Penjajah Melalui Doa

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Senin 14 Februari 2022 09:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 14 614 2546735 gus-baha-ungkap-karomah-kiai-abbas-buntet-jatuhkan-pesawat-penjajah-melalui-doa-kgSYyKZZPH.jpg Gus Baha ungkap karomah Kiai Abbas Buntet mengusir penjajah. (Foto: YouTube At-Tasbiha)

PERTEMPURAN 10 November 1945 tidak hanya diwarnai dengan aksi heroik para pejuang Indonesia seperti Bung Tomo. Rupanya ada peran ulama yang turut membantu perjuangan rakyat Surabaya kala itu. Dia adalah Kiai Abbas bin Abdul Jamil dari Pondok Pesantren Buntet Cirebon. Percaya atau tidak, Kiai Abbas Buntet berperan dalam menjatuhkan pesawat penjajah.

Dalam salah satu ceramahnya, KH Ahmad Bahauddin atau akrab disapa Gus Baha menceritakan tentang penggalan kisah saat Bung Tomo dinasihati oleh Hadhratusy Syaikh Kiai Haji Hasyim Ashari. Saat itu Bung Tomo ingin perang dilaksanakan lebih cepat, namun Kiai Haji Hasyim melarangnya karena suatu alasan.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini, Senin 14 Februari 2022M/13 Rajab 1443H 

"Saya masih ingat beberapa cerita lisan, dulu perang itu harusnya 7 November, Bung Tomo datang ke Mbah Hasyim, kata Mbah Hasyim jangan. Kiai sik bagian nyeblokno pesawat durung teko (kiai yang bagian jatuhkan pesawat belum datang)," ujar Gus Baha, dikutip dari kanal YouTube At-Tasbiha, Senin (14/2/2022).

Menurut Gus Baha, Kiai Abbas Buntet memiliki karomah yang luar biasa. Doa yang beliau panjatkan kepada Allah Subahanu wa ta'ala mampu menjatuhkan pesawat penjajah.

"Alhasil nunggu Kiai Abbas dari Buntet doanya spesial untuk menjatuhkan pesawat. Saya kebetulan kenal dengan cucu-cucu Kiai Abbas Buntet," lanjut Gus Baha.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Senin 14 Februari 2022M/13 Rajab 1443H 

Ketika tragedi perang 10 November 1945 yang dipimpin Bung Tomo terjadi, Kiai Abbas berdiri tegak di halman masjid sembari mengadahkan kedua tangan ke langit. Dari sanalah keajaiban yang sulit dicerna logika pun terjadi.

Ribuan penumbuk padi dan lesung dari rumah rakyat langsung berhamburan seolah menyerang para musuh. Tidak lama berselang, penjajah mengirimkan pesawat bomber hercules namun tiba-tiba saja meledak di udara.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Penjajah masih gencar mengirim pesawat yang berfungsi menjatuhkan bom di Surbaya. Namun sayang, pesawat itu pun kembali meledak.

Mungkin terdengar tidak masuk akal, namun keajaiban ini benar terjadi. Melalui karomahnya, Kiai Abbas Buntet meruntuhkan pesawat tentara sekutu hanya dengan mengarahkan tongkat ke pesawat.

Baca juga: Kangen Abu Nawas, Raja Lampiaskan dengan Numpang Buang Air, Kok Aneh? 

Baca juga: 4 Kisah Karomah Syekh Kholil Bangkalan, Nomor 2 Membuatnya Disegani Ulama Masjidil Haram 

Dari kisah karomah Kiai Abbas Buntet, Gus Baha ingin menyampaikan suatu hal penting. Ya, menurut dia, peran ulama juga sungguh besar bagi negara ini.

"Jadi intinya Anda jangan berpikir bahwa negara ini hanya didirikan oleh umara (pemerintah), bahkan sebelum ada negara, yang sudah ada itu ulama," pungkasnya.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini