Share

Mengenang Dorce Gamalama, Artis Dermawan yang Santuni 600 Anak Yatim dan Anak Palestina

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 16 Februari 2022 09:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 16 614 2547997 mengenang-dorce-gamalama-artis-dermawan-yang-santuni-600-anak-yatim-dan-anak-palestina-RKTXARvwdJ.jpg Mengenang Dorce Gamalama yang meninggal dunia hari ini. (Foto: Instagram Dorce Gamalama)

ARTIS senior Dorce Gamalama meninggal dunia. Sejumlah kenangan tentang sosoknya pun terus diingat. Salah satunya kedermawanan terhadap sesama. Di antaranya pernah menyantuni 600 anak yatim hingga membantu anak-anak Palestina yang membutuhkan.

"Alhamdulillah saya punya dana abadi. Dana itu untuk anak yatim. Saya dari dulu pengin kasih dan hari santunin 600 orang," kata Dorce Gamalama ketika itu.

Baca juga: Dorce Gamalama Meninggal Dunia, Ulama Sebut Harus Dimakamkan Sesuai Kodratnya 

Dorce Gamalama juga pernah berniat menjual rumah gadang mewahnya seharga miliaran rupiah. Mewahnya rumah Dorce itu ditandai dengan segala properti di rumah tersebut yang khas dengan suasana Minang, Sumatera Barat.

Dorce menjelaskan bahwa rumahnya yang berlokasi di Jatibening, Bekasi, itu adalah salah satu warisan yang akan diwakafkan. Hasil penjualan nantinya 100 persen akan diserahkan kepada anak-anak yang berada di Palestina, Suriah, dan Indonesia.

Info grafis Dorce Gamalama. (Foto: Okezone)

"Sudah dari setahun lalu saya pasarkan rumah ini, dengan tanah seluas 300 meter persegi. Insya Allah rumah ini akan dijual seharga Rp2 miliar. Semua hasilnya untuk bantuin anak-anak yang kurang beruntung," kata Dorce dalam tayangan di RCTI pada Jumat 9 November 2018.

Baca juga: Ini Riwayat Sakit Dorce Gamalama Sebelum Meninggal Dunia 

Selain rumah gadang tersebut, Dorce juga rupanya telah mewakafkan beberapa bangunan, di antaranya yayasan dan masjid. Rumah gadang ini menjadi bangunan terakhirnya yang akan dijual untuk nantinya diberikan kepada anak-anak tersebut.

"Masjid yang di Rawa Buaya udah diwakafkan. Terus yayasan juga sudah. Nah tinggal yang ini. Jadi buat orang-orang Minang yang punya uang berkecukupan, tolonglah bantu anak-anak itu," tutur Dorce.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Wanita yang juga sempat mencicipi dunia akting dengan bermain dalam film 'Dorce Ketemu Dorce' (2009) itu mengatakan jika rumah ini tidak segera dijual dan ia keburu dipanggil oleh Sang Khalik, maka akan menjadi mubazir.

"Kita enggak tahu kapan dipanggil Allah, Pretty Asmara yang masih muda aja duluan. Saya takut kalau meninggal tapi rumah ini belum dijual, terus menjadi lapuk dan akhirnya sia-sia," kata Dorce.

Baca juga: Ini Pandangan Ustadz Zacky Mirza soal Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan 

"Misalnya bicara sayang, untuk apa saya simpan? Toh nanti di kuburan kita enggak bawa apa–apa. Malah kalau diwakafkan kan bisa manfaat untuk orang–orang, insya Allah ya," lanjutnya.

Sementara itu bicara mengenai kemegahan rumah Dorce, Melaney Ricardo pun sempat mengunjungi rumah tersebut dalam tayangan Alvin and Friends di iNews, Selasa 6 November 2018. Bersama Dorce, keduanya pun mengelilingi rumah yang menjadi saksi bisu perjalanan hidup seorang Dorce Gamalama.

Baca juga: Dorce Gamalama Ingin Dimakamkan sebagai Perempuan, MUI: Diurus Sebagaimana Jenis Kelamin Asalnya 

"Rumah ini sebagai simbol pengabdian saya kepada orang Minang. Bahwa walaupun sudah merantau, tapi tidak lupa dengan tanah kelahiran. Rumah ini juga kan menjadi cita-cita nenek saya, walaupun beliau sudah tidak ada, tapi paling tidak saya sudah mewujudkan keinginannya," kata Dorce.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini