Share

Surat Al Baqarah Ayat 83: Kisah Bani Israil Membangkang dan Menyembah Patung Sapi

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Rabu 23 Februari 2022 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 23 330 2551930 surat-al-baqarah-ayat-83-kisah-bani-israil-membangkang-dan-menyembah-patung-sapi-orNpP4qxsh.jpg Ilustrasi Surat Al Baqarah Ayat 83. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 83: arti dan isi kandungannya akan Okezone bahas dalam artikel kali ini. Sebagai umat Islam tentunya wajib tahu dan memahami isi dari ayat-ayat yang ada dalam Alquran yang merupakan kitab suci pedoman kehidupan.

Al Baqarah merupakan salah satu surat Alquran yang termasuk golongan Madaniyah. Lalu memiliki isi surat yang panjang dan mengatur kehidupan manusia.

Baca juga: Amalkan 2 Ayat Terakhir Surat Al Baqarah, Terungkap Keutamaannya yang Luar Biasa 

Surat ini dinamai Al Baqarah atau "Sapi Betina" karena mengisahkan tentang kaum Bani Israil yang diperintahkan menyembelih sapi betina. Lalu apa arti dan kandungan Surat Al Baqarah Ayat 83? Berikut penjelasannya, seperti telah Okezone rangkum.

وَإِذْ أَخَذْنَا مِيثَاقَ بَنِي إِسْرَائِيلَ لَا تَعْبُدُونَ إِلَّا اللَّهَ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا وَذِي الْقُرْبَىٰ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَقُولُوا لِلنَّاسِ حُسْنًا وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ ثُمَّ تَوَلَّيْتُمْ إِلَّا قَلِيلًا مِنْكُمْ وَأَنْتُمْ مُعْرِضُونَ

"Dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): Janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat. Kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling." (QS Al Baqarah: 83)

Baca juga: Wamenag: Halal-Haram Wayang Sudah Sering Terjadi, Tidak Perlu Dibesar-besarkan 

Dalam Surat Al Baqarah Ayat 83 mengisahkan perjanjian dan perintah Allah Subhanahu wa ta'ala kepada Bani Israil untuk beriman kepada Allah Ta'ala, berbuat baik kepada orangtua dan sesama manusia, serta menunaikan shalat dan zakat.

Namun, kaum Bani Israil justru membangkang dan memilih menyembah patung sapi yang terbuat dari emas. Tidak hanya itu, banyak kaum Bani Israil yang justru durhaka kepada orangtua dan berbuat zalim terhadap sesamanya. Mereka juga tidak mematuhi perintah Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menegakkan sholat dan menolak untuk membayar zakat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dalam ayat ini dengan jelas menggambarkan sifat tercela Bani Israil yaitu ingkar janji. Allah Subhanahu wa ta'ala menggambarkan sifat tercela tersebut dalam ayat Alquran agar kaum Muslimin dapat menghindari perbuatan yang serupa. Sebab, apa yang dilanggar oleh Bani Israil merupakan pokok agama yang sampai saat ini masih berlaku.

Oleh karena itu, sebagai seorang Muslim wajib mengikuti perintah Allah Subhanahu wa ta'ala agar mendapat berkah dan manfaat. Demikian penjelasan mengenai arti dan kandungan yang ada dalam Surah Al Baqarah Ayat 83. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Kurang Berbakti kepada Ibu? Ini Dampak Buruk yang Bisa Timbul 

Baca juga: Bacaan Zikir Petang Hari Ini, Rabu 23 Februari 2022M/22 Rajab 1443H 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini