Share

Melihat Masjid Ar-Rahma Kiev yang Terbesar dan Terindah di Ukraina

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Sabtu 26 Februari 2022 18:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 26 615 2553584 melihat-masjid-ar-rahma-kiev-yang-terbesar-dan-terindah-di-ukraina-uKo2jK9Ooy.jpg Masjid Ar-Rahma Kiev Ukraina. (Foto: Shutterstock)

NEGARA Ukraina mendadak jadi sorotan dunia setelah berperang dengan tetangganya Rusia. Tapi di luar dari peristiwa itu ternyata ada sisi lain yang menarik dari Ukraina. Salah satunya adanya bangunan Masjid Ar-Rahma di ibu kota Kiev.

Masjid Ar-Rahma Kiev menjadi masjid terbesar dan terindah di Ukraina. Ar-Rahma diambil dari kosakata bahasa Arab "Ar-Rahmah" yang artinya "Kasih Sayang" jika bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Baca juga: 5 Masjid Megah dan Indah di Rusia, Ada yang Tertinggi di Eropa serta Masuk Warisan Budaya UNESCO 

Masjid Ar-Rahma Kiev Ukraina. (Foto: Shutterstock)

Dilansir dari Muslimmosques1, Sabtu (26/2/2022), masjid ini tidak dibuat di dalam kota, tetapi di daerah sekitarnya yang disebut Tuataras, lokasi persisnya berada di puncak gunung. Dari kejauhan, Masjid Ar-Rahma menghadirkan pemandangan khas tersendiri di atas bukit. Melihat lebih detail, desain masjid ini memang terbilang sangat unik.

Arsitek Alexander Komorowski sengaja merancangnya berbentuk melingkar mengadopsi arsitektural berbagai budaya Islam di kawasan tersebut. Sentuhan arsitekturalnya pun sangat detail, sehingga menghasilkan karya seni yang begitu apik.

Baca juga: Tidak Hanya Indonesia, Arab Saudi dan Mesir Juga Atur Pengeras Suara Masjid 

Luas bangunan Masjid Ar-Rahma sekira 3.200 meter persegi dengan satu menara berdiri di ketinggian 27 meter. Kapasitasnya pun cukup besar yakni dapat menampung sebanyak 3.000 jamaah.

Masjid Ar-Rahma dibangun dengan dana yang disumbangkan oleh umat Islam yang tinggal di Kiev. Pemerintah Kota Kiev mengeluarkan perintah khusus, atas permintaan Asosiasi Komunitas Muslim, mengalokasikan tanah untuk masjid agar para Muslim bebas menggunakan hak untuk beribadah.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sejak perintah itu disahkan pada Februari 1996, proses pembangunan berjalan secara bertahap, kemungkinan karena aliran dananya yang cukup lambat. Tahap pertama dibuka pada tahun 1998 ketika Sholat Jumat dan sholat di hari libur serta acara-acara lainnya.

Kemudian masjid ini akhirnya dibuka untuk Sholat Zuhur ketika selesai sepenuhnya yaitu pada tahun 2000. Kini Masjid Ar-Rahma menjadi jantung Muslimin Kota Kiev sekaligus simbol eksistensi umat Islam di negara pecahan Uni Soviet tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Indahnya Masjid 99 Kubah, Bikin Kaum Muslimin Betah Beribadah 

Baca juga: Selain Indonesia, 5 Negara Mayoritas Muslim Ini Juga Atur Penggunaan Pengeras Suara Masjid 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini