Share

Ini Ayat-Ayat Alquran tentang Isra Miraj yang Jadi Mukjizat Terbesar Nabi Muhammad

Ahmad Haidir, Jurnalis · Rabu 02 Maret 2022 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 02 330 2555320 ini-ayat-ayat-alquran-tentang-isra-miraj-yang-jadi-mukjizat-terbesar-nabi-muhammad-0DOcDBvaWJ.jpg Ilustrasi peristiwa Isra Miraj. (Foto: Shutterstock)

ISRA Miraj adalah salah satu peristiwa penting bagi umat Islam. Isra Miraj menjadi salah satu mukjizat terbesar Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam. Beliau melakukan perjalanan dari Masjidil Haram di Makkah menuju Masjid Al Aqsa di Palestina, kemudian menembus lapisan langit, dan bertemu langsung Allah Subhanahu wa ta'ala di tempat yang disebut Sidratul Muntaha atau langit tertinggi.

Saat itu Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam berkesempatan berbicara langsung dengan Allah Subhanahu wa ta'ala sekaligus menerima perintah agar umat Islam menunaikan ibadah sholat.

Tapi ternyata ada manusia yang masih sulit meyakini kebenaran dari kejadian itu, namun Allah Subhanahu wa ta'ala sendiri dengan tegas dan lugas menjelaskan tentang Isra Miraj dalam firman-Nya yang tertuang di ayat-ayat suci Alquran berikut ini.

Baca juga: Wanita Atheis Ini Tidak Percaya Isra Miraj, Dr Zakir Naik Beri Jawaban Menohok 

Info grafis Isra Miraj. (Foto: Okezone)

Baca juga: Isra Miraj: Kenapa Allah Bersedia Kurangi Jumlah Sholat dari 50 ke 5 Waktu? Ini Jawabannya 

1. Surat Al Isra Ayat 1

Secara umum, gambaran peristiwa Isra Miraj tertuang jelas dalam firman Allah Subhanahu wa ta'ala yang satu ini:

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ ءَايَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِير

Artinya: "Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya (Muhammad Shallallahu alaihi wassallam) pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

2. Surat An-Najm Ayat 12–18

Allah Subhanahu wa ta'ala kembali menjelaskan tentang peristiwa agung nan suci itu dalam 6 ayat di Surat An-Najm. Bahkan pada ayat 12 sampai 18 lebih memberikan detail dari Isra Miraj itu sendiri sekaligus memberikan peringatan kepada mereka yang meragukan-Nya.

أَفَتُمَارُونَهُ عَلَى مَا يَرَى. وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَى. عِنْدَ سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى. عِنْدَهَا جَنَّةُ الْمَأْوَى. إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى. مَا زَاغَ الْبَصَرُ وَمَا طَغَى. لَقَدْ رَأَى مِنْ ءَايَاتِ رَبِّهِ الْكُبْرَى

Artinya: "(12) Maka apakah kamu (musyrikin Mekah hendak membantahnya tentang apa yang telah dilihatnya? (13) Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain, (14) (yaitu) di Sidratil Muntaha. (15) Di dekatnya ada surga tempat tinggal, (16) (Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya. (17) Penglihatannya (Muhammad) tidak berpaling dari yang dilihatnya itu dan tidak (pula) melampauinya. (18) Sesungguhnya dia telah melihat sebahagian tanda-tanda (kekuasaan) Tuhannya yang paling besar."

Masya Allah, semoga setiap Muslim dapat mengilhami peristiwa itu berdasarkan firman Allah Subhanahu wa ta'ala pada kedua surat tersebut.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 4 Pesan Tersembunyi dari Peristiwa Isra Miraj Diungkap Ustadz Abdul Somad 

Baca juga: Perjalanan Isra Miraj Rasulullah dengan Jasad atau Roh? Ini jawaban Gus Baha 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini