Share

Kisah Ibnu Haytham, Ilmuwan Muslim Penemu Kamera hingga Dijuluki "Bapak Optik Modern"

Melati Septyana Pratiwi, Jurnalis · Jum'at 04 Maret 2022 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 04 614 2556152 kisah-ibnu-haytham-ilmuwan-muslim-penemu-kamera-hingga-dijuluki-bapak-optik-modern-sZW3ogRcae.jpg Ilmuwan Muslim Ibnu Haytham penemu kamera optik. (Foto: Shutterstock)

MUNGKIN selama ini banyak orang berpikir penemuan alat-alat canggih didominasi ilmu dari Barat. Namun nyatanya banyak pula ilmuwan Muslim dari Timur Tengah yang menyumbangkan buah pikirannya dalam menghasilkan teknologi canggih.

Salah satunya ada Ibnu Al Haytham, sosok yang pertama kali menemukan kamera. Ilmuwan Muslim yang lahir di Kota Basrah, Irak, ini memiliki kontribusi dalam menjelaskan seputar cahaya dan penglihatan.

Baca juga: Bacaan Ayat Kursi Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia 

Baca juga: Alquran Surat Al Kahfi Lengkap 110 Ayat Beserta Keistimewaannya Dibaca Setiap Hari Jumat 

Jauh sebelum hadir kamera digital dan lain-lain, masyarakat zaman dahulu menggunakan kamar gelap atau lebih dikenal dengan kamera obscura. Ibnu Haytham berperan sebagai peletak dasar kamera obscura.

Jika pernah menonton film lawas 'Robin Hood: Prince of Thieves' yang dibintangi Kevin Costner dan Morgan Freeman, ada sebuah adegan yang memperlihatkan penggunaan teropong tunggal. Sekadar diketahui, teropong tunggal sederhana lahir dari ilmu optik yang salah satu tokoh pentingnya adalah Ibnu Haytham.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ilmuwan Muslim asal Irak ini hidup pada abad ke-11. Ketika itu Islam berada di masa kejayaan. Nama Ibnu Al Haytham juga begitu terkenal di Eropa. Bahkan, masyarakat Eropa menyandingkan nama Ibnu Haytham dengan ilmuwan ternama lain seperti Galileo dan Isaac Newton.

Saking terkenalnya, buku karangan Ibu Haytham berjudul 'Book of Optics' sampai menjadi rujukan para ilmuwan setelahnya dalam menciptakan kamera baru. Tokoh ilmuwan Muslim ini berhasil menyabet gelar "Bapak Optik Modern" berkat pemikirannya dalam dunia kamera.

Baca juga: Surat Yasin Lengkap 83 Ayat: Arab, Latin, Terjemahan Bahasa Indonesia, Keutamaannya 

Baca juga: Abu Nawas Ketiduran, Bangun-Bangun Mau Dimasak Jadi Bubur, Bisa Lolos Gak Ya? 

Seiring berjalannya waktu, kamera makin berkembang. George Isman hadir merancang kamera kodak yang kualitas dan kecepatan lebih baik dlama pengambilan gambar. Pada akhirnya sistem kerja kodak memicu kemunculan generasi kamera lebih modern seperti TLR, SLR, analog, hingga digital.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini