Share

Hijrah tapi Malah Dijauhi Teman-Teman, Ini Nasihat dari Aa Gym

Intan Afika Nuur Aziizah, Jurnalis · Rabu 09 Maret 2022 08:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 09 330 2558588 hijrah-tapi-malah-dijauhi-teman-teman-ini-nasihat-dari-aa-gym-rtimVNC3K1.jpg Aa Gym memberi nasihat untuk kaum Muslimin yang mantap hijrah. (Foto: Dok Instagram @aagym)

BANYAK Muslim yang kerap dijauhi teman-temannya saat memutuskan hijrah. Ini karena mereka dipandang sebagai orang aneh, berperilaku dan berpakaian berbeda dengan lingkungan sekitarnya.

Hijrah sendiri dikenal sebagai istilah berpindah pada keadaan atau kondisi yang dicintai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Perubahan dalam hijrah menuntut seseorang untuk meninggalkan kondisi sebelumnya yang tidak baik, mulai lingkungan tempat tinggal, teman pergaulan, hingga kebiasaan buruk yang sebelumnya masih dilakukan.

Baca juga: Viral Bocah Penjual Basreng Sedekah Sembunyi-Sembunyi untuk Pesantren Aa Gym 

Bukan tanpa alasan, segala bentuk perubahan tersebut dimaksudkan semata-mata hanya untuk meraih ridho Allah Subhanahu wa ta'ala. Demikian yang disampaikan oleh Ustadz Adi Hidayat dalam tausiyahny beberapa waktu lalu.

Allah Subhanahu wa ta'ala berfirman, "Dan barang siapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka akan mendapatkan di bumi ini tempat hijrah yang luas dan (rezeki) yang banyak. Barang siapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh, pahalanya telah ditetapkan di sisi Allah. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang." (QS An-Nisa: 100)

Baca juga: Ini Respons Aa Gym Lihat Bocah Penjual Basreng Sedekah untuk Pesantren Daarut Tauhiid 

Mendengar adanya kaum Muslimin dijauhi teman-teman saat berhijrah, KH Abdullah Gymnastiar atau akrab disapa Aa Gym pun memberikan nasihat. Menurutnya, dijauhi oleh teman para pencinta dunia seperti itu justru bagus dibandingkan didekatkan dengan pencinta maksiat.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Kaum Muslimin harus lebih takut bila kehilangan atau dijauhi oleh orang-orang salih dan guru-guru berilmu yang baik. Oleh karena itu, umat Islam tidak perlu ragu melakukan hijrah hanya demi mempertahankan teman-teman yang memikirkan dunia saja.

"Enggak apa-apa! Celaka itu kalau dijauhi orang salih. Celaka itu kalau dijauhi oleh guru-guru kita yang baik. Dijauhi oleh orang yang ngajak maksiat mah beruntung. Dijauhi oleh teman-teman pencinta dunia tuh bagus daripada dideketin sama pencinta maksiat, celaka kita," kata Aa Gym dalam unggahan di akun Instagram-nya @aagym.

Baca juga: Aneh! Abu Nawas Ngaku Suka Fitnah, tapi Kok Raja Malah Tertawa? 

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini, Rabu 9 Maret 2022M/6 Syaban 1443H 

Dengan demikian, lanjut dia, yakinlah Allah Subhanahu wa ta'ala akan mempertahankan teman-teman yang memang baik bagi hamba-Nya. Biarkan teman-teman yang menjauh pergi dan doakan mereka segera mendapat hidayah agar kelak datang kembali dan bisa berjalan menuju kebaikan secara bersama-sama.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini