Share

Kapan Malam Nisfu Syaban Menurut Kalender Hijriah, Ini Penjelasan dan Hikmahnya

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 15 Maret 2022 11:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 15 614 2561800 kapan-malam-nisfu-syaban-menurut-kalender-hijriah-ini-penjelasan-dan-hikmahnya-hpASxvl57z.jpg Kapan malam nisfu syaban terjadi (foto: istimewa)

JAKARTA - Malam Nisfu Syaban 2022 jatuh tanggal berapa? Hal ini menjadi pertanyaan umat Muslim di Indonesia. Diketahui Syaban sendiri adalah bulan kedelapan dalam kalender Hijriah dan menjadi tanda makin dekat dengan Ramadhan.

Adapun berdasarkan penghitungan saat ini, terdapat satu malam Nisfu Syaban yang jatuh pada 15 Syaban atau bertepatan 17 Maret 2022 atau selepas magrib.

Diketahui bahwa Syaban adalah bulan menyiram, merawat, dan membina. Sedangkan Ramadhan adalah bulan panen. Jadi, seseorang tidak akan bisa memanen tanaman jika tidak dirawat dengan baik.

BACA JUGA:ย Inilah 3 Hikmah dari Malam Nisfu Syabanย 

Lalu malam Nishfu Syaban dikenal sebagai Lailatul Baro'ah yang berarti malam pengampunan dosa, malam berdoa, dan malam pembebasan.

Sementara itu dikutip dari Rumaysho, terdapat hadis dari Mu'adz bin Jabal radhiyallahu โ€˜anhu, dari Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wassallam, beliau bersabda:

ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุฅูู„ูŽู‰ ุฌูŽู…ููŠุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ู‘ูุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุฌูŽู…ููŠุนู ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ู„ูู…ูุดู’ุฑููƒู ุฃูŽูˆู’ ู…ูุดูŽุงุญูู†ู

"Allah mendatangi seluruh makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban. Dia pun mengampuni seluruh makhluk kecuali orang musyrik dan orang yang bermusuhan."

Al-Mundziri dalam At-Targhib setelah menyebutkan hadis ini, beliau mengatakan, "Dikeluarkan oleh At-Thobroni dalam Al Awsath dan Ibnu Hibban dalam kitab Shahih-nya dan juga oleh Al-Baihaqi. Ibnu Majah pun mengeluarkan hadis dengan lafaz yang sama dari hadis Abu Musa Al-Asyโ€™ari. Al-Bazzar dan Al-Baihaqi mengeluarkan yang semisal dari Abu Bakr Ash-Shiddiq radhiyallahu โ€˜anhu dengan sanad yang tidak mengapa."

Demikian perkataan Al Mundziri. Penulis Tuhfatul Ahwadzi lantas mengatakan, "Pada sanad hadis Abu Musa Al-Asyโ€™ari yang dikeluarkan oleh Ibnu Majah terdapat Lahiโ€™ah dan ia adalah perawi yang dinilai dhaโ€™if."

Hadis lainnya lagi adalah dari โ€˜Abdullah bin โ€˜Amr radhiyallahu โ€˜anhuma, ia berkata, Rasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wassallam bersabda:

ูŠูŽุทู‘ูŽู„ูุนู ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽุฒู‘ูŽ ูˆูŽุฌูŽู„ู‘ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุฎูŽู„ู’ู‚ูู‡ู ู„ูŽูŠู’ู„ูŽุฉูŽ ุงู„ู†ู‘ูุตู’ูู ู…ูู†ู’ ุดูŽุนู’ุจูŽุงู†ูŽ ููŽูŠูŽุบู’ููุฑู ู„ูุนูุจูŽุงุฏูู‡ู ุฅูู„ู‘ูŽุง ุงูุซู’ู†ูŽูŠู’ู†ู ู…ูุดูŽุงุญูู†ู ูˆูŽู‚ูŽุงุชูู„ู ู†ูŽูู’ุณู

"Allah โ€˜Azza wa Jalla mendatangi makhluk-Nya pada malam Nisfu Syaban, Allah mengampuni hamba-hamba-Nya kecuali dua orang yaitu orang yang bermusuhan dan orang yang membunuh jiwa."

Al Mundziri mengatakan, "Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Ahmad dengan sanad yang layyin (ada perawi yang diberi penilaian negatif atau di-jarh, namun hadisnya masih dicatat)." Berarti hadits ini bermasalah.

Wallahu a'lam bishawab.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

(amr)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini