Share

5 Negara dengan Waktu Puasa Terlama, Indonesia Termasuk?

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 03 April 2022 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 03 614 2572260 5-negara-dengan-waktu-puasa-terlama-indonesia-termasuk-MmgGRrDbqa.jpg Ilustrasi negara dengan waktu puasa terlama. (Foto: Reuters)

SETIDAKNYA ada lima negara dengan waktu puasa terlama di dunia. Umat Islam di negara-negara ini pastinya menjalani ibadah puasa dengan durasi sangat lama. Keberkahan dari Allah Subhanahu wa ta'ala pun mereka raih.

Diketahui bahwa kaum Muslimin di dunia mulai memasuki bulan Ramadan 1443H/2022M. Informasi negara-negara dengan waktu puasa terlama di dunia cukup penting diketahui, terutama bagi Muslim travelers yang berniat menuju negara-negara tersebut.

Baca juga: Cara Sholat Tarawih dan Witir Berjamaah, Lengkap dengan Niat dan Hukumnya 

Umat Islam Indonesia sendiri biasanya berpuasa selama 13 jam sejak waktu imsak sampai berbuka ketika azan magrib. Durasi yang sama juga dialami oleh umat Islam di negara-negara yang berada di sekitar ekuator atau Garis Khatulistiwa seperti Singapura dan Malaysia.

Dihimpun dari laman Aljazeera, waktu puasa paling panjang terdapat di negara-negara Skandinavia atau belahan utara benua Eropa. Sebab, bulan Ramadan yang jatuh pada musim panas berdampak pada lebih panjangnya waktu matahari menyinari bumi di belahan dunia tersebut.

Baca juga: Tata Cara Sholat Tarawih 8 Rakaat Beserta Witir 

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Nah, di urutan pertama dan kedua sebagai negara dengan waktu puasa terlama ditempati Finlandia dan Norwegia. Puasa di negara-negara ini bisa mencapai 22 jam.

Baca juga: Ramadan 2022, Ini Daftar 10 Setan yang Dibelenggu Selama Bulan Puasa 

Kemudian ada Swedia, Rusia, dan Denmark berada di urutan ketiga hingga kelima sebagai negara dengan durasi puasa paling lama.

Kaum Muslimin di ketiga negara tersebut harus menahan lapar dan dahaga puasa selama 18–19 jam. Sementara umat Islam di sebagian besar negara Eropa akan berpuasa selama 17–18 jam.

Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: 15 Ucapan Ramadan 2022 untuk Dikirim ke Keluarga, Saudara dan Kerabat 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini