Share

10 Aturan Lengkap Bukber, Sahur, dan Tarawih Selama Ramadan 2022

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Senin 11 April 2022 13:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 11 614 2576874 10-aturan-lengkap-bukber-sahur-dan-tarawih-selama-ramadan-2022-urLklCNyXK.jpg Ilustrasi aturan lengkap selama Ramadan 2022. (Foto: Muslimhands)

ADA 10 aturan lengkap bukber, sahur, dan tarawih selama Ramadan 2022. Bulan Ramadan tahun ini bisa menjadi sangat berkesan setelah dua tahun lamanya merasakan puasa di masa pandemi covid-19.

Meskipun belum sepenuhnya bebas dari pandemi covid-19, melihat terus berkurangnya kasus infeksi membuat masyarakat dapat sedikit bernapas lega. Namun dalam pelaksanaan buka bersama (bukber), sahur, dan sholat tarawih harus mengikuti aturan yang telah ditetapkan.

Baca juga: Bisakah Wanita Haid Mendapat Malam Lailatul Qadar?Β 

Dewan Masjid Indonesia (DMI) sudah membuat sejumlah aturan yang diberlakukan pada bulan Ramadan hingga hari raya Idul Fitri.

Ketua Umum DMI Jusuf Kalla (JK) menyebut protokol kesehatan harus tetap ketat dilaksanakan. Di antaranya, memakai masker, membawa peralatan ibadah sendiri, hingga mengambil air wudhu di rumah.

Tidak hanya itu, JK tegas memberitahukan bahwa semua jamaah wajib menjaga kebersihan lingkungan masjid dan memastikan kondisi kesehatan masing-masing.

Terdapat beberapa poin yang berkaitan dengan aturan bulan Ramadan dalam edaran tersebut. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut.

Baca juga: 6 Tanda Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Dalil Sahih, Jangan Sampai Terlewat!Β 

Aturan Selama Bulan Ramadan 2022

Berikut ini 10 aturan yang harus diperhatikan berkaitan dengan kegiatan di bulan Ramadan 2022:

1. Pelaksanaan Shalat Fardhu, Tarawih, dan Jumat berjamaah hanya boleh dilaksanakan oleh jamaah dalam kondisi tubuh yang sehat.

2. Edaran yang ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dan Sekretaris Umum Muhammadiyah Abdul Mu’ti juga mengatur mengenai tata cara penyampaian khutbah atau ceramah.

3. Penyampaian khutbah dan ceramah dilakukan dengan durasi maksimal 15 menit.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

4. Tidak diperbolehkan mengedarkan kotak infak, kotak infak disimpan di tempat tertentu.

5. Apabila jamaah berjumlah banyak, maka diharuskan sholat berjamaah dalam dua sesi, atau sesuai keperluan.

6. Shaf Sholat diperbolehkan untuk dirapatkan dengan syarat masjid/mushola yang digunakan memiliki ventilasi yang baik. Selain itu, jamaah juga wajib menggunakan masker KN95, atau masker kain yang dilapisi masker bedah.

7. Aturan sudah vaksin minimal dua dosis pun diberlakukan dalam pelaksanaan sholat jamaah.

8. Layanan buka puasa bersama, sahur bersama, tadarus berjamaah, dan kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang secara tatap muka, dan berpotensi membuka masker oleh pengurus masjid/mushola Muhammadiyah tidak dilaksanakan.

9. Pengajian tetap diperbolehkan, tetapi tidak ada kegiatan makan bersama setelah berbuka.

10. Kegiatan takjil tetap boleh dilaksanakan dengan syarat harus dilakukan dengan hati-hati, menjaga jarak, tidak saling bicara, dan dilaksanakan dalam waktu yang sesingkat mungkin.

Wallahu a'lam bishawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini