Share

Masya Allah, Ini Keutamaan Istri yang Memasak untuk Berbuka Puasa

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Jum'at 22 April 2022 09:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 22 330 2583274 masya-allah-ini-keutamaan-istri-yang-memasak-untuk-berbuka-puasa-XRNluX1CUR.jpg Ilustrasi keutamaan istri memasak untuk berbuka puasa. (Foto: Shutterstock)

KEUTAMAAN istri yang memasak untuk berbuka puasa akan dibahas dalam artikel ini. Seorang perempuan yang sudah menikah tentu memiliki tanggung jawab besar terhadap suami dan keluarganya.

Perempuan yang telah menjadi istri biasanya akan mempersiapkan segala kebutuhan untuk suami dan anak-anaknya. Misalnya, mempersiapkan makanan untuk berbuka puasa dan sahur. Istri yang ikhlas melayani keluarga akan mendapat pahala besar, apalagi di bulan yang penuh berkah ini.

Lantas, apa keutamaan istri yang memasak untuk berbuka puasa? Berikut penjelasannya.

Baca juga: 5 Artis India yang Selalu Puasa Ramadan, Nomor 3 King of Bollywoodย 

Keutamaan Istri yang Memasak untuk Berbuka Puasa

Di dalam HR. Al-Baihaqi & Ibn Khuzaimah, dikatakan bahwa Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam pernah bersabda, โ€œSiapa yang menyediakan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa, baginya pahala seumpama pahala bagi orang yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahalanya (orang yang berpuasa itu)."

Pada hadis ini para ulama mengatakan jika hadist tersebut juga berlaku pada suami yang memberikan nafkah berbuka puasa kepada istri dan anak-anaknya, begitu juga sebaliknya. Seorang istri yang menyiapkan makanan untuk berbuka puasa bagi suami dan anak-anaknya. Maka kedua pasangan suami istri akan mendapatkan pahala yang sama.

Baca juga: Kisah Anak Autis Memutuskan Jadi Mualaf, Sempat Dikatai Teroris oleh Orangtuanyaย 

Hal ini disampaikan oleh Syekh Shaleh Al Munajjid, โ€œBahkan jika seorang suami membelanjakan hal itu dengan hartanya dan seorang istri yang memasak makanannya dan menyiapkannya bagi orang-orang yang berpuasa, maka suami tadi akan mendapatkan pahala membelanjakan hartanya dan berusaha untuk memberikan buka puasa kepada mereka yang sedang berpuasa dan bagi si istri juga diharapkan juga akan mendapatkan pahala tersebut karena tenaga dan keletihannya dan memberikan makanan dengan hasil karya tangannya.โ€

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Bisa dibayangkan berapa banyak anggota keluarga yang akan diberi makan, maka sebanyak itulah pahala yang akan didapatkan oleh istri.

Ada kalanya seorang istri berhalangan untuk tidak berpuasa, namun Allah Subhanahu wa ta'ala tetap akan memberikan pahala yang berlimpah jika seorang istri menyediakan hidangan untuk berbuka puasa.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan istri yang memasak untuk berbuka puasa. Wallahu a'lam bishawab.

Baca juga: Humor Abu Nawas: Istana Raja Dipindah ke Atas Gunung, Caranya Unik Banget Lho!ย 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini