Share

Tafsir Surat Al Baqarah Ayat 165: Cinta Orang Beriman kepada Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 02:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 330 2595101 tafsir-surat-al-baqarah-ayat-165-cinta-orang-beriman-kepada-allah-ta-ala-EsXscvhld6.jpg Ilustrasi tafsir Surat Al Baqarah Ayat 165. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Baqarah Ayat 165 menjelaskan tentang cinta orang beriman kepada Allah Subhanahu wa ta'ala. Menurut Abu Ja'far bin Az-Zubair al-Gharnathi bahwa Surat Al Baqarah memiliki segala rahasia, seperti penjelasan tentang al-shirath al-mustaqim (jalan yang lurus) dengan sempurna, tidak tertinggal sedikitpun, dan penjelasan mulianya orang yang mengambil (pelajaran) darinya dan buruknya orang yang menjauhkan diri darinya.

Surat terpanjang ini termasuk golongan Madaniyah atau turun di Kota Madinah. Selain itu, Surat Al Baqarah juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang Allah Subhanahu wa ta'ala yang berkuasa dan yang menentukan terdapat pada ayat 163 hingga 171.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 165 Surat Al Baqarah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

وَمِنَ النَّاسِ مَنْ يَّتَّخِذُ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ اَنْدَادًا يُّحِبُّوْنَهُمْ كَحُبِّ اللّٰهِ ۗ وَالَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اَشَدُّ حُبًّا لِّلّٰهِ ۙوَلَوْ يَرَى الَّذِيْنَ ظَلَمُوْٓا اِذْ يَرَوْنَ الْعَذَابَۙ اَنَّ الْقُوَّةَ لِلّٰهِ جَمِيْعًا ۙوَّاَنَّ اللّٰهَ شَدِيْدُ الْعَذَابِ

Arab-latin:

Wa minan-nāsi may yattakhiżu min dụnillāhi andāday yuḥibbụnahum kaḥubbillāh, wallażīna āmanū asyaddu ḥubbal lillāhi walau yarallażīna ẓalamū iż yaraunal-'ażāba annal-quwwata lillāhi jamī'aw wa annallāha syadīdul-'ażāb

Terjemahnya:

Dan di antara manusia ada orang yang menyembah tuhan selain Allah sebagai tandingan, yang mereka cintai seperti mencintai Allah. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat, ketika mereka melihat azab (pada hari Kiamat), bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya (niscaya mereka menyesal).

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa terdapat orang yang menyembah selain Allah dan mencintai seperti Allah Subhanahu wa ta'ala.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir kemenag RI:

Dan di antara manusia, meski telah menyaksikan tanda kebesaran dan kekuasaan Allah yang demikian banyak dan jelas, masih ada saja orang yang menyembah tuhan selain Allah. Mereka menjadikannya sebagai tandingan Allah, yang mereka cintai seperti mereka mencintai Allah.

Maha Suci Allah dari segala tandingan dan sekutu. Adapun orang-orang yang beriman sangat besar cintanya kepada Allah melebihi cinta orang musyrik kepada sesembahan dan berhala mereka.

Mereka tidak mempersekutukan Allah dengan apa pun. Sekiranya orang-orang yang berbuat zalim itu melihat dan mengetahui, ketika mereka melihat, menerima, dan merasakan azab pada hari kiamat, sedang mereka dan sesembahan mereka tidak mampu berbuat apa-apa, maka mereka baru menyadari bahwa kekuatan itu semuanya milik Allah dan bahwa Allah sangat berat azab-Nya. Ketika itulah mereka baru menyesali kezaliman yang telah mereka lakukan, penyesalan yang tidak berguna sedikitpun..

Demikian isi kandungan Surat Al Baqarah Ayat 165. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini