Share

Surat Ali Imran Ayat 159: Keuntungan Bersikap Lemah Lembut dan Sabar

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 330 2595112 surat-ali-imran-ayat-159-keuntungan-bersikap-lemah-lembut-dan-sabar-vim49oqXib.jpg Ilustrasi isi Surat Ali Imran Ayat 159. (Foto: Salman Mardira/Okezone)

SURAT Ali Imran Ayat 159 menjelaskan tentang perintah Allah Subhanahu wa ta'ala untuk bersikap lemah lembut dan sabar sesuai dicontohkan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Surat ketiga dalam Alquran ini dinamai Ali Imran lantaran memuat kisah Keluarga Imran yang di dalam kisah itu disebutkan kelahiran Nabi Isa Alaihissallam, persamaan kejadiannya dengan Nabi Adam Alaihissallam, kenabian dan beberapa mukjizatnya, serta disebut pula kelahiran Maryam binti Imran.

Surat yang termasuk golongan Madaniyah ini terdiri dari 200 ayat. Dari permulaan surat hingga ayat delapan puluh tiga merupakan ayat yang turun berkenaan dengan delegasi Najran. Selain itu, surah ini juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang Allah SWT dan beberapa sifat Nabi Muhammad SAW yang terdapat pada ayat 159 hingga 164.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 159 surah Ali Imran? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِّنَ اللّٰهِ لِنْتَ لَهُمْ ۚ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيْظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوْا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِى الْاَمْرِۚ فَاِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللّٰهِ ۗ اِنَّ اللّٰهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِيْنَ

Arab-Latin:

Fa bimā raḥmatim minallāhi linta lahum, walau kunta faẓẓan galīẓal-qalbi lanfaḍḍụ min ḥaulika fa'fu 'an-hum wastagfir lahum wa syāwir-hum fil-amr, fa iżā 'azamta fa tawakkal 'alallāh, innallāha yuḥibbul-mutawakkilīn

Artinya :

Maka berkat rahmat Allah engkau (Muhammad) berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya engkau bersikap keras dan berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah mereka dan mohonkanlah ampunan untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sesuai tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa perintah Allah Subhanahu wa ta'ala untuk bersikap lemah lembut dan sabar sesuai dengan yang sifat Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam.

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir Kemenag RI:

Setelah memberi kaum mukmin tuntunan secara umum, Allah lalu memberi tuntunan secara khusus dengan menyebutkan karunia-Nya kepada Nabi Muhammad. Maka berkat rahmat yang besar dari Allah, engkau berlaku lemah lembut terhadap mereka yang melakukan pelanggaran dalam Perang Uhud.

Sekiranya engkau bersikap keras, buruk perangai, dan berhati kasar, tidak toleran dan tidak peka terhadap kondisi dan situasi orang lain, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekitarmu. Karena itu maafkanlah, hapuslah kesalahan-kesalahan mereka dan mohonkanlah ampunan kepada Allah untuk mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu, yakni urusan peperangan dan hal-hal duniawi lainnya, seperti urusan politik, ekonomi, dan kemasyarakatan.

Kemudian, apabila engkau telah membulatkan tekad untuk melaksanakan hasil musyawarah, maka bertawakallah kepada Allah, dan akuilah kelemahan dirimu di hadapan Allah setelah melakukan usaha secara maksimal. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 159. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini