Share

Isi Surat Ali Imran Ayat 190: Tanda-Tanda Orang Berakal

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Selasa 17 Mei 2022 05:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 16 330 2595119 isi-surat-ali-imran-ayat-190-tanda-tanda-orang-berakal-ouoMjbyrhH.jpg Ilustrasi menyimak isi Surat Ali Imran Ayat 190. (Foto: Freepik)

SURAT Ali Imran Ayat 190 menjelaskan tentang tanda-tanda orang berakal. Surat ketiga dalam Alquran ini dinamai juga Az-Zahrawan (Dua yang Cemerlang) karena menyingkapkan hal-hal yang menurut Alquran disembunyikan oleh para Ahli Kitab, seperti kejadian kelahiran Nabi Isa Alaihissallam dan kedatangan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam.

Surat Ali Imran terdiri dari 200 ayat. Pada ayat 7 terdapat keterangan tentang "Pedoman Cara Memahami isi Al-Kitab”. Selain itu, surah ini juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang faedah selalu mengingat Allah SWT dan merenungkan ciptaanNya yang terdapat pada ayat 190 hingga 195.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 190 surah Ali Imran? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

Arab-Latin:

Inna fī khalqis-samāwāti wal-arḍi wakhtilāfil-laili wan-nahāri la`āyātil li`ulil-albāb

Terjemahnya:

Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang-orang berakal.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir Kemenag RI:

Setelah menjelaskan keburukan-keburukan orang Yahudi dan menegaskan bahwa langit dan bumi milik Allah, pada ayat ini Allah menganjurkan untuk mengenal keagungan, kemuliaan, dan kebesaranNya.

Sesungguhnya dalam penciptaan benda-benda angkasa, matahari, bulan, serta planet-planet lainnya dan gugusan bintang-bintang yang terdapat di langit dan perputaran bumi pada porosnya yang terhampar luas untuk manusia, dan pergantian malam dan siang, pada semua fenomena alam tersebut terdapat tanda-tanda kebesaran Allah bagi orang yang berakal yakni orang yang memiliki akal murni yang tidak diselubungi oleh kabut ide yang dapat melahirkan kerancuan.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 190. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini