Share

Surat Ali Imran Ayat 104: Seruan Membentuk Kelompok yang Mengajak Kebaikan

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 19 Mei 2022 19:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 19 330 2596477 surat-ali-imran-ayat-104-seruan-membentuk-kelompok-yang-mengajak-kebaikan-61DdUdRHde.jpg Ilustrasi tafsir Surat Ali Imran Ayat 104. (Foto: Shutterstock)

SURAT Ali Imran Ayat 104 menjelaskan tentang seruan untuk membentuk kelompok atau organisasi. Surah Ali Imran merupakan surat ketiga di dalam kitab suci Alquran yang terbagi dalam dua juz, yakni juz 3 untuk ayat 1 hingga 91 dan juz 4 ayat 92 sampai 200.

Surat Madaniyah ini juga membahas tentang pedoman cara memahami al-Kitab (Alquran). Selain itu, Surat Ali Imran juga memiliki berbagai pengajaran dalam setiap ayat, salah satunya tentang keharusan menjaga persatuan yang terdapat pada ayat 100 hingga 109.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 104? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

وَلْتَكُنْ مِّنْكُمْ اُمَّةٌ يَّدْعُوْنَ اِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُوْنَ بِالْمَعْرُوْفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ ۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُفْلِحُوْنَ

Arab-Latin:

Waltakum mingkum ummatuy yad'ụna ilal-khairi wa ya`murụna bil-ma'rụfi wa yan-hauna 'anil-mungkar, wa ulā`ika humul-mufliḥụn

Artinya: Dan hendaklah di antara kamu ada segolongan orang yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh (berbuat) yang makruf, dan mencegah dari yang mungkar. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan bahwa tentang perintah Allah kepada orang mukmin mengajak kepada kebaikan dengan membentuk suatu organisasi atau kelompok.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir Kemenag RI:

Pada ayat ini Allah memerintahkan orang mukmin agar mengajak manusia kepada kebaikan, menyuruh perbuatan makruf, dan mencegah perbuatan mungkar. Dan hendaklah di antara kamu, orang mukmin, ada segolongan orang yang secara terus-menerus menyeru kepada kebajikan yaitu petunjuk-petunjuk Allah, menyuruh (berbuat) yang makruf yaitu akhlak, perilaku dan nilai-nilai luhur dan adat istiadat yang berkembang di masyarakat yang tidak bertentangan dengan nilai-nilai agama, dan mencegah dari yang mungkar, yaitu sesuatu yang dipandang buruk dan diingkari oleh akal sehat.

Sungguh mereka yang menjalankan ketiga hal tersebut mempunyai kedudukan tinggi di hadapan Allah dan mereka itulah orang-orang yang beruntung karena mendapatkan keselamatan di dunia dan akhirat.

Demikian isi kandungan Surat Ali Imran Ayat 104. Semoga bermanfaat. Aamiin Allahumma aamiin. Wallahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini