Share

Tukang Becak di Pekalongan Rela Tidur di Jalan demi Hemat Pengeluaran

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 08:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 614 2597153 tukang-becak-di-pekalongan-rela-tidur-di-jalan-demi-hemat-pengeluaran-hjt2sTZxmd.jpg Kisah tukang becak di Pekalongan bernama Rozikin rela tidur di jalanan demi menghemat pengeluaran. (Foto: ACT)

MENJELANG tengah malam, seorang tukang becak di Pekalongan bernama Rozikin (55) bersiap istirahat di kendaraan roda tiganya itu. Di tengah mulai sepi lalu lalang kendaraan, ia tidak memilih pulang. Rozikin rela bermalam di pinggir jalan demi menghemat pengeluaran.

Rozikin merupakan warga Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, yang berjarak lebih kurang 46 kilometer dari Kota Pekalongan. Ia biasa kembali pulang bertemu keluarga setelah 23 sampai 25 hari bekerja.

Baca juga: Membangun Akses Air Bersih di Pesisir Manggarai Timur 

Kisah tukang becak di Pekalongan bernama Rozikin rela tidur di jalanan demi menghemat pengeluaran. (Foto: ACT)

"Saya baru pulang ke rumah kalau sudah terkumpul uang buat beli sembako buat keluarga," kata Rozikin.

Mendapatkan pundi rupiah dari pekerjaan mengemudi becak bukan hal mudah bagi Rozikin. Tidak jarang dalam sehari ia hanya mendapat satu penumpang, itu pun menjelang malam, bahkan sering juga tidak ada penumpang sama sekali.

Rasa lapar pun sering Rozikin tahan. Padahal, ia menderita sakit mag akut. Bukan tanpa alasan dia menahan lapar, hal itu dilakukan demi menghemat pengeluaran. Untuk mengatasi sakit, Rozikin selalu membawa obat mag herbal.

Baca juga: Perjuangan Ustadz Anang Melawan Penyakit Gagal Ginjal 

"Saya di sini (Kota Pekalongan) harus diirit-diirit (pengeluaran), biar bisa ada (uang) buat keluarga di rumah," ungkapnya.

Rozikin merupakan satu dari banyak pengemudi becak yang bernasib sama. Kondisi ekonomi menghimpit serta tidak ada banyak pilihan lain untuk bekerja.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Aditya Nugraha dari Tim Program ACT Pekalongan mengatakan saat ini ACT tengah berikhtiar memberikan yang terbaik untuk pengemudi becak di Pekalongan. Tentu, kebaikan yang tersalurkan nantinya dimotori oleh kedermawanan masyarakat.

"Seluruh lapisan masyarakat bisa ambil bagian dalam aksi kebaikan yang akan kita bersama hadirkan. Sedekah terbaik bisa disalurkan melalui laman Indonesia Dermawan atau menghubungi ACT Pekalongan melalui berbagai kanal," ajak Aditya.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Upaya Dermawan Sudahi Permasalahan Pangan Rohingya di Bangladesh 

Baca juga: Renovasi Dilakukan, Kini Rumah Ismael Warga Gaza Tampak Baru 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini