Share

Warga Dukuh Sendang Klaten Punya Sumber Air Baru

Tim Okezone, Jurnalis · Jum'at 20 Mei 2022 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 20 614 2597461 warga-dukuh-sendang-klaten-punya-sumber-air-baru-wCvJi351sl.jpg Warga Dukuh Sendang Klaten sekarang punya sumber air baru. (Foto: ACT)

DUKUH Sendang, Desa Ngerangan, Bayat, Kabupaten Klaten, merupakan salah satu permukiman yang rawan krisis air, apalagi saat kemarau tiba. Jika musim kering datang, warga harus mengambil air dari desa sebelah yang berjarak tiga kilometer.

Sedangkan saat musim hujan, warga memanfaatkan air dari sumur gali berkedalaman 25 meter yang airnya keruh.

Baca juga: Tukang Becak di Pekalongan Rela Tidur di Jalan demi Hemat Pengeluaran 

Warga Dukuh Sendang Klaten sekarang punya sumber air baru. (Foto: ACT)

Realita itu membuat Aksi Cepat Tanggap menggalang wakaf untuk membangun sumur wakaf di Dukuh Sendang. Sumber air baru tersebut seakan menjadi hadiah Ramadan terbaik bagi warga.

Sumur wakaf merupakan bangunan yang diinisiasi untuk mengalirkan air. Biasanya Sumur Wakaf dibanun di samping musala untuk fasilitas MCK jamaah.

Baca juga: Membangun Akses Air Bersih di Pesisir Manggarai Timur 

Kegiatan filantropi ini bekerja sama dengan gerakan #ayojadiyangbermanfaat yang digagas oleh Zefanya Indra Putri, salah satu siswa SMA di Klaten.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sementara itu, Kepala Cabang ACT Klaten Riko Joko Septiyono menyampaikan apresiasi kepada seluruh dermawan yang terlibat dalam aksi kebaikan ini. Selain kekeringan. Masih banyak permasalahan sosial di Klaten yang perlu diselesaikan bersama masyarakat.

"Kedermawanan menjadi modal besar untuk menyelesaikan masalah sosial di tengah masyarakat, khususnya Klaten," ungkap Riko.

Wallahu a'lam bisshawab.

Baca juga: Perjuangan Ustadz Anang Melawan Penyakit Gagal Ginjal 

Baca juga: Upaya Dermawan Sudahi Permasalahan Pangan Rohingya di Bangladesh 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini