Share

Surat Al Maidah Ayat 46 Mengungkap Kebenaran yang Ada di Kitab Sebelum Alquran

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Kamis 26 Mei 2022 02:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 05 25 614 2600200 surat-al-maidah-ayat-46-mengungkap-kebenaran-yang-ada-di-kitab-sebelum-alquran-CTuTuQaYgk.jpg Ilustrasi kandungan Alquran Surat Al Maidah Ayat 46. (Foto: Freepik)

SURAT Al Maidah Ayat 46 mengungkap tentang kebenaran kitab sebelum Alquran. Surat Al Maidah menjadi salah satu yang termasuk golongan Madaniyah, meskipun ada ayat-ayat yang turun di Makkah.

Surah Al Maidah memiliki 120 ayat. Surat Al Maidah dinamakan juga Al-Munqidz (yang menyelamatkan), lantaran pada bagian akhir surah ini memuat kesaksian Nabi Isa Alaihissallam terhadap kaum pengikutnya.

Selain itu, Sura Al Maidah pada beberapa ayat juga membahas tentang pengajaran hukum Allah SWT. Salah satunya yang terdapat pada ayat 41 hingga 50 mengenai pengingkaran orang-orang Yahudi terhadap Taurat dan keharusan memutuskan perkara menurut hukum Allah SWT.

Lantas, bagaimana dengan isi kandungan pada ayat 46 surah Al Maidah? Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini.

وَقَفَّيْنَا عَلٰٓى اٰثَارِهِمْ بِعِيْسَى ابْنِ مَرْيَمَ مُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰىةِ ۖواٰتَيْنٰهُ الْاِنْجِيْلَ فِيْهِ هُدًى وَّنُوْرٌۙ وَّمُصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَيْهِ مِنَ التَّوْرٰىةِ وَهُدًى وَّمَوْعِظَةً لِّلْمُتَّقِيْنَۗ

Arab Latin:

Wa qaffainā 'alā āṡārihim bi'īsabni maryama muṣaddiqal limā baina yadaihi minat-taurāti wa ātaināhul-injīla fīhi hudaw wa nụruw wa muṣaddiqal limā baina yadaihi minat-taurāti wa hudaw wa mau'iẓatal lil-muttaqīn.

Terjemah :

Dan Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam, membenarkan Kitab yang sebelumnya, yaitu Taurat. Dan Kami menurunkan Injil kepadanya, di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat, dan sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ mengenai kebenaran kitab sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut isi tafsir kemenag RI:

Dalam ayat ini Allah menyatakan bahwa setelah masa para nabi penganut dan pelaksana isi Taurat berakhir, Kami teruskan jejak mereka dengan mengutus Isa putra Maryam yang mendapat amanah untuk membenarkan Kitab sebelumnya, yakni Taurat dan mengajarkan serta melaksanakan ajaran-ajarannya.

Selain itu, Kami menurunkan pula Injil kepada Nabi Isa as sebagai penyempurna Taurat, yang di dalamnya terdapat petunjuk dan cahaya, dan juga berfungsi untuk membenarkan Kitab yang sebelumnya yaitu Taurat. Kitab Injil ini juga berisi ajaran sebagai petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa, yaitu yang selalu menaati perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.

Demikian isi Surat Al Maidah Ayat 46. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini