Share

Surat Al Maidah Ayat 8: Perintah Menjadi Saksi dengan Adil

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Jum'at 03 Juni 2022 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 02 614 2604463 surat-al-maidah-ayat-8-perintah-menjadi-saksi-dengan-adil-iiBBF8kafh.jpg Ilustrasi tafsir Surat Al Maidah Ayat 8. (Foto: Shutterstock)

SURAT Al Maidah Ayat 8 menjelaskan tentang perintah menegakkan keadilan. Perlu diketahui, Al Maidah adalah surat kelima dalam kitab suci Alquran dan termasuk golongan Madaniyah meskipun terdapat beberapa ayat turun di Kota Makkah.

Surat Al Maidah juga dinamai Al-Munqidz (Yang Menyelamatkan), karena pada bagian akhir surat ini memuat kesaksian Isa Al-Masih terhadap kaum pengikutnya. Selain membahas tentang kisah Nabi Isa Alaihissallam, terdapat juga pembahasan tentang kewajiban berlaku adil dan jujur yang terdapat pada ayat 8 hingga 11.

Lantas, bagaimana isi kandungan Surat Al Maidah Ayat 8? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُوْنُوْا قَوَّامِيْنَ لِلّٰهِ شُهَدَاۤءَ بِالْقِسْطِۖ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَاٰنُ قَوْمٍ عَلٰٓى اَلَّا تَعْدِلُوْا ۗاِعْدِلُوْاۗ هُوَ اَقْرَبُ لِلتَّقْوٰىۖ وَاتَّقُوا اللّٰهَ ۗاِنَّ اللّٰهَ خَبِيْرٌۢ بِمَا تَعْمَلُوْنَ

Arab-Latin:

Yā ayyuhallażīna āmanụ kụnụ qawwāmīna lillāhi syuhadā`a bil-qisṭi wa lā yajrimannakum syana`ānu qaumin 'alā allā ta'dilụ, i'dilụ, huwa aqrabu lit-taqwā wattaqullāh, innallāha khabīrum bimā ta'malụn

Info grafis sunah-sunah di hari Jumat. (Foto: Okezone)

Artinya:

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan karena Allah, (ketika) menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah. Karena (adil) itu lebih dekat kepada takwa. Dan bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.

Sesuai dengan tafsir Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI) yang dikutip dari https://quran.kemenag.go.id/ menyatakan tentang perintah menegakkan keadilan.

Tafsir Kemenag RI:

Ayat selanjutnya memberikan tuntunan agar umat Islam berlaku adil, tidak hanya kepada sesama umat Islam, tetapi juga kepada siapa saja walaupun kepada orang-orang yang tidak disukai.

Wahai orang-orang yang beriman! Jadilah kamu sebagai penegak keadilan, yakni orang yang selalu dan bersungguh-sungguh menegakkan kebenaran, karena Allah, ketika kalian menjadi saksi maka bersaksilah dengan adil.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Dan janganlah kebencianmu terhadap suatu kaum, yakni kepada orang-orang kafir dan kepada siapa pun, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil terhadap mereka. Berlaku adillah kepada siapa pun, karena adil itu lebih dekat kepada takwa.

Dan bertakwalah kepada Allah dengan mengerjakan perintah-Nya dan meninggalkan larangan-Nya, sungguh, Allah Maha Teliti, Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan, baik yang kamu lahirkan maupun yang kamu sembunyikan.

Demikian isi kandungan Surat Al Maidah Ayat 8. Semoga bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini