Share

Bukan Unta, Ini Hewan Kurban Terbaik Pilihan Rasulullah

Salman Mardira, Jurnalis · Minggu 19 Juni 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 19 614 2614160 bukan-unta-ini-hewan-kurban-terbaik-pilihan-rasulullah-SUsaeXjZdh.jpg Ilustrasi unta bukan hewan kurban terbaik pilihan Rasulullah. (Foto: Wirestock/Freepik)

RASULULLAH Shallallahu alaihi wassallam ternyata tidak memilih unta sebagai hewan kurban terbaiknya. Beliau lebih memilih berkurban dengan kambing atau domba.

"Karena Nabi Shallallahu alaihi wassallam berkurban dengan kambing dan domba," ungkap Ustadz Dr Khalid Basalamah Lc MA dalam tayangan di kanal YouTube-nya.

Baca juga: Kambing Betina Dijadikan Hewan Kurban, Ini Hukumnya Menurut Syariat 

Ia mengatakan, Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam memilih berkurban dengan domba hingga mencapai puluhan ekor tiap hari raya Idul Adha. Padahal, kondisi ekonomi Rasulullah sangat mampu untuk menyembelih unta. Beliau memiliki unta-unta terbaik sebagai tunggangan dirinya dan istrinya saat itu.

"Nabi Shallallahu alaihi wassallam saat itu menyembelih domba. Beliau menyembelih 65 ekor untuk Beliau sendiri," jelas Ustadz Khalid Basalamah.

Info grafis hewan kurban. (Foto: Okezone)

Dia mengatakan, domba yang disembelih Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam berwarna putih dan hitam. Jadi jika mau lebih afdhol dalam berkurban, disarankan menyembelih kambing atau domba berwarna putih dan hitam seperti dilakukan Nabi.

Daging kambing atau domba adalah salah satu makanan kesukaan Rasulullah Shallallahu alaihi wassallam, sehingga dianjurkan untuk dimakan.

Baca juga: Geger! Abu Nawas Siang Bolong Bawa Lampu Buat Cari Neraka, Aneh Banget 

Ustadz Khalid Basalamah mengungkapkan, dalam hadis riwayat Imam Bukhari dijelaskan bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam sangat gemar memakan paha kambing.

"Jadi kalau seorang muslim/muslimah makan kambing karena ingin ikuti Nabi yang gemar makan kambing, itu pahala," ujar Ustadz Khalid.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Ia melanjutkan, kambing juga memiliki keistimewaan, karena pada akikah yang disembelih juga kambing atau domba, tidak boleh hewan lain. Untuk anak laki-laki akikahnya 2 ekor kambing dan anak perempuan 1 ekor kambing.

"Disunahkan makan sebagian dari dagingnya, berarti ada anjuran makan kan? Ini tidak berlaku bagi hewan lain," sebut Ustadz Khalid.

Baca juga: Bacaan Zikir Pagi Hari Ini: Menghindarkan dari Bahaya di Bumi maupun Langit 

Sementara sapi atau kerbau tetap bisa dikurbankan maksimal untuk 7 orang. "Kalau misalnya 1 sapi ada 3 orang, ya bisa juga, enggak usah paksain lagi cari orang. Makin sedikit orang, makin besar pahalanya," jelasnya.

Ustadz Khalid menekankan bahwa menyembelih hewan kurban hukumnya sunah. Tapi, ia menilai kurban hukumnya wajib bagi orang mampu. Maka jika dia mampu secara ekonomi, tapi tidak mau berkurban, maka berdosa, karena itu perintah langsung dari Allah Subhanahu wa ta'ala.

Baca juga: Jadwal Sholat Hari Ini Ahad 19 Juni 2022M/19 Dzulqa'dah 1443H 

Hal itu sebagaimana dalil perintah kurban dalam Surat Al Kautsar Ayat 2:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Fasallili rabbika wanhar

"Dirikanlah sholat karena Tuhanmu; dan berkubanlah."

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini