Share

Kisah Doa Nabi Sulaiman Mengusir Jin dan Setan, Langsung Tunduk atas Izin Allah Ta'ala

Asthesia Dhea Cantika, Jurnalis · Sabtu 25 Juni 2022 10:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 25 614 2617932 kisah-doa-nabi-sulaiman-mengusir-jin-dan-setan-langsung-tunduk-atas-izin-allah-ta-ala-P03zn0XvXh.jpg Ilustrasi kisah doa Nabi Sulaiman mengusir jin dan setan. (Foto: Freepik)

DOA Nabi Sulaiman mengusir jin dan setan sangat menarik diketahui kaum Muslimin. Dalam ajaran agama Islam, makhluk Allah Subhanahu wa ta'ala bukan hanya alam semesta dan isinya, melainkan juga iblis atau jin dan setan.

Jin adalah makhluk Allah Subhanahu wa ta'ala yang tercipta dari api neraka. Hal itu tertulis dalam Alquran Surat Ar-Rahman Ayat 15:

وَخَلَقَ ٱلْجَآنَّ مِن مَّارِجٍ مِّن نَّارٍ

Artinya: "Dan Dia menciptakan jin dari nyala api."

Baca juga: Tobat dari Riba, Ibu Ini Bikin Warung Makan Gratis: Siapa pun Boleh Makan Setiap Hari 

Selain itu, penciptaan jin juga diriwayatkan dalam hadis Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wassallam berikut ini:

خُلِقَتْ الْمَلَائِكَةُ مِنْ نُورٍ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجٍ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ آدَمُ مِمَّا وُصِفَ لَكُم

Artinya: "Malaikat itu diciptakan dari cahaya, jin diciptakan dari nyala api, dan Adam diciptakan dari apa yang telah diterangkan kepadamu semua." (HR Muslim, Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Menurut sebagian mufasir, setelah dikutuk, iblis tidak memohon ampun kepada Allah Subhanahu wa ta'ala, melainkan bersumpah akan menipu dan memperdaya anak cucu Nabi Adam Alaihissallam sampai hari kiamat, kecuali hamba-hamba yang salih dan ikhlas. Mereka tidak dapat ditipu dan diperdaya karena kekuatan imannya.

Baca juga: Viral Rombongan Ambulans Bentrok di Makkasar, MUI Ingatkan Adab-Adab Mengantar Jenazah 

Dalam Alquran juga dijelaskan bahwa jin terdiri dari jin Muslim dan jin kafir. Jin kafir inilah yang kerap mengganggu manusia. Gangguan jin kafir terkadang tidak mengenal tempat, bahkan mereka dapat mengganggu saat sedang di rumah.

Berbeda dengan setan, setan adalah segala perilaku jahat yang menentang Allah Subhanahu wa ta'ala. Lalu yang mengakibatkan murka-Nya adalah sifat setan.

Supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, umat Islam dianjurkan membaca doa pengusir jin agar hati tenang dan damai saat berada di rumah. Terdapat beberapa doa yang bisa diamalkan, terutama doa Nabi Sulaiman Alaihissallam.

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Doa Nabi Sulaiman Mengusir Jin dan Setan

Diceritakan bahwa Allah Subhanahu wa ta'ala mengajarkan Nabi Sulaiman Alaihissallam doa untuk menundukkan jin dan hewan. Adapun doa tersebut, sebagai berikut:

اِنَّهٗ مِنْ سُلَيْمٰنَ وَاِنَّهٗ بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ ۙ ٣٠

اَلَّا تَعْلُوْا عَلَيَّ وَأْتُوْنِيْ مُسْلِمِيْنَ ࣖ ٣١

Artinya: "Sesungguhnya (surat) itu berasal dari Sulaiman yang isinya (berbunyi): 'Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Janganlah engkau berlaku sombong terhadapku dan datanglah kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri." (QS An-Naml: 30–31)

Demikian doa Nabi Sulaiman mengusir jin dan setan. Semoga sangat jelas dan bermanfaat. Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini