Share

Tobat dari Riba, Ibu Ini Bikin Warung Makan Gratis: Siapa pun Boleh Makan Setiap Hari

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 23 Juni 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 23 621 2616785 tobat-dari-riba-ibu-ini-bikin-warung-makan-gratis-siapa-pun-boleh-makan-setiap-hari-qjJduN070v.jpg Kisah Ibu Nirwana Tawil buka warung makan gratis usai tobat dari riba. (Foto: YouTube Pecah Telur)

BALAI Saji, salah satu warung makan yang menyediakan hidangan gratis setiap hari untuk masyarakat. Menu-menu yang disajikan pun cukup spesial. Warung makan gratis ini dibangun oleh Nirwana Tawil, wanita asal Balikpapan, Kalimantan Timur.

Bermula saat Nirwana bekerja di salah satu bank swasta di Indonesia pada 2006. Kariernya melejit, bahkan kerap dipromosikan menempati posisi yang cukup tinggi kala itu.

Baca juga: Kisah Mantan Petinggi Bank Sempat Salah Hijrah, Hidupnya Terpuruk hingga Akhirnya Dapat Pencerahan dari Aa Gym 

Kemudian suatu hari ia pergi ke Uni Emirat Arab (UEA) untuk men-challenge kemampuannya. Ternyata kariernya pun cukup baik dan bisa memberangkatkan haji kedua orangtuanya, hingga membangun rumah besar.

Setelah bertahun-tahun di UEA, Nirwana kembali ke Indonesia untuk memulai hidup baru. Ia coba membuka usaha kuliner di kotanya dengan modal Rp2 miliar. Namun sayangnya usahanya itu bertahan 3 bulan saja, dan rekan kerja yang sekaligus sahabatnya itu malah menipu dirinya.

Kisah Ibu Nirwana Tawil buka warung makan gratis usai tobat dari riba. (Foto: YouTube Pecah Telur)

Ujian ekonomi Nirwana pun makin berat. Ia hanya memiliki uang tabungan yang nominalnya tidak sebesar modal usaha yang telanjur merugi.

Lalu tempat ia bekerja di UEA beberapa tahun lalu membuka kantor cabang di Indonesia yang berkaitan dengan perbankan, seperti karier Nirwana dulu. Setelah itu Nirwana pun dipercaya untuk menjadi leader di perusahaan tersebut, dan ekonominya melejit lagi.

Baca juga: Kisah Ibu Rumah Tangga Hafal 30 Juz Alquran dalam 78 Hari: Kuncinya Bersihkan Hati, Perbanyak Istighfar 

Hingga suatu hari Nirwana tersadar kalau niat awal ia bekerja untuk menjauhi riba yang datang dari perbankan. Akhirnya dia hanya bertahan beberapa tahun, lalu resign. Selanjutnya dia mulai memutar kembali rencana apa yang akan dilakukan.

"Masya Allah, ini episode ujian yang Allah berikan," kata Nirwana, dikutip dari kanal YouTube Pecah Telur, Kamis (23/6/2022).

Dengarkan Murrotal Al-Qur'an di Okezone.com, Klik Tautan Ini: https://muslim.okezone.com/alquran

Akhirnya Nirwana mencoba kembali membuka usahanya di bidang kuliner, namun kali ini ia memiliki program membagikan makanan yang dijualnya kepada kaum dhuafa hingga anak-anak yatim piatu.

Tidak hanya itu, lahan dan bangunan yang semula ia sewa akhirnya dibelinya untuk memperluas ruangan. Khususnya masjid, karena ia merasa mushola di sekitar tempat usahanya itu terlalu kecil, sehingga tidak jarang orang harus mengantre menunggu giliran berwudhu dan sholat.

"Sampai saya antre terdengar adzan Isya, jadi saya harus menjamak sholat, padahal kan itu enggak ada dalilnya," kata Nirwana.

Baca juga: Putra Raja Salman, Muslim Pertama Baca Quran di Luar Angkasa 

Info grafis keutamaan membaca Surat Al Kahfi. (Foto: Okezone)

Baca juga: Zikir Pagi Hari Ini: Doa Meraih Ilmu yang Bermanfaat untuk Diri Sendiri dan Orang Lain 

Kemudian perlahan tapi pasti, rumah makan gratisnya itu makin berkembang. Bahkan banyak donatur berdatangan untuk menginvestasikan amalan jariyahnya ke Balai Saji yang didirikan Nirwana.

Selain itu, berkat niatannya yang mulia tersebut pemasukan dari para donatur bisa ia kelola kembali, khsusnya untuk keperluan umat. Dari situlah semua biaya operasional bisa ia alokasikan untuk para pekerja, dan dirinya sendiri.

Allahu a'lam bisshawab.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini